kita sependapat bahwa Indonesia dan Iran sepakat tidak mempergunakan solusi invasi atau perang kekerasan untuk menyelesaikan masalah-masalah di negara lain"
Jakarta (ANTARA News) - Wakil Presiden Jusuf Kalla menyatakan Indonesia dan Iran memiliki pendapat sama mengenai penyelesaian konflik di negara Yaman melalui upaya damai dari kedua pihak yang bersengketa.

Usai menerima kunjungan Wakil Presiden Iran Bidang Manajemen dan Perencanaan Mohammad Bagher Nobakht di Kantor Wapres Jakarta, Rabu, Kalla mengatakan kendati tidak membicarakan secara rinci upaya damai penyelesaian konflik, kedua negara sependapat untuk menyelesaikan konflik di Yaman tanpa kekerasan.

"Kita tidak membicarakan itu secara detil. Namun demikian kita sependapat bahwa Indonesia dan Iran sepakat tidak mempergunakan solusi invasi atau perang kekerasan untuk menyelesaikan masalah-masalah di negara lain," kata Kalla.

Wapres Nobakht mengunjungi JK untuk membicarakan kerja sama ekonomi bilateral pada Rabu siang.

Nobakht mengatakan Indonesia-Iran juga akan bekerja sama pada bidang pemberantasan terorisme.

"Indonesia dan Iran sangat menentang kekerasan dalam beragam bentuk terorisme yang bertentangan dengan nilai-nilai kemanusiaan dan ajaran-ajaran Islam," kata Nobakht.

Nobakht menambahkan kerja sama pemberantasan terorisme akan dilaksanakan pejabat tinggi kedua negara dalam bidang yang dapat segera diterapkan.


Pewarta: Bayu Prasetyo
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2015