Meskipun memiliki KIS, saya titip tetap jaga kesehatan, jaga pola makan sehat, olah raga teratur."
Semarang (ANTARA News) - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyerahkan Kartu Indonesia Sehat (KIS) kepada kalangan buruh di Kecamatan Ungaran, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, Rabu.

"Meskipun memiliki KIS, saya titip tetap jaga kesehatan, jaga pola makan sehat, olah raga teratur," kata Presiden Jokowi.

Presiden menyerahkaan KIS secara simbolis kepada beberapa buruh PT Semarang Garmen di hadapan ribuan buruh yang sebagian besar perempuan.

KIS tersebut dialokasikan untuk 6.652 buruh industri garmen dan keluarganya di perusahaan yang berlokasi di Ungaran, Kabupaten Semarang.

Presiden memberikan perhatian atas keberadaan jaminan kesehatan untuk buruh sesuai Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 111 Tahun 2013 dan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 86 tahun 2013.

Penyerahan KIS dari Presiden di Ungaran merupakan kelanjutan dari kegiatan sejenis untuk buruh kebun di Deli Serdang, Sumatera Utara, 18 April 2015 dan buruh perkapalan di Jakarta pada 28 April 2015.

KIS merupakan tanda kepesertaan Jaminan kesehatan (JKN). Melalui KIS, pelaku ekonomi dalam hal ini buruh atau pekerja akan terjamin kesehatannya sehingga produktivitas kerjanya selalu terjaga, demikian Presiden Jokowi.

Pewarta: Agus Salim
Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2015