Jakarta (ANTARA News) - Anggota Komisi XI DPR Misbakhun menyarankan Presiden Jokowi untuk tidak perlu lagi menjelaskan soal polemik utang Indonesia kepada IMF karena penjelasan Menteri Keuangan tentang utang Indonesia kepada IMF sudah benar dan telah meluruskan polemik utang Indonesia kepada IMF.

"Tak perlu pernyataan presiden lagi untuk menjelaskan hal tersebut karena jawaban Menteri Keuangan sudah cukup jelas dan tuntas," kata Misbakhun di Jakarta, Rabu.

Menurut dia, Menteri Keuangan sebagai yang bertanggung jawab soal hubungan dengan lembaga seperti IMF sudah meluruskannya dengan baik.

"Penjelasan Menteri Keuangan bagi saya sudah cukup sebagai bahan informasi kepada publik tentang posisi Indonesia terhadap IMF terkait apa yang disebut sebagai 'utang' tersebut," kata Misbakhun.

Dia menambahkan, masalah utang itu terjadi karena tidam memahami data SDR (special drawing right) yang menjadi standar acuan IMF.

"Tidak semua orang mengerti dan paham soal hal tersebut sehingga ketika ada komitmen soal tersebut dianggap sebagai utang," ujar politisi Golkar itu.



Pewarta: Zul Sikumbang
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2015