Bandung (ANTARA News) - Tim Persib "Maung Bandung" mengalahkan New Radiant SC Maladewa 1-0 (1-0) pada lanjutan AFC Cup 2015 di Stadion Nasional Maladewa, Rabu.

Gol kemenangan Persib Bandung dicetak oleh M Ridwan pada menit ke-14 setelah mendapat umpan tarik dari Tantan dari sektor kiri pertahanan New Radiant.

Dengan kemenangan itu, Persib memastikan diri lolos ke babak 16 besar AFC Cup 2015 setelah kokoh sebagai pemuncak klasemen grup H dengan nilai 11 hasil tiga kali menang dan dua kali seri. Sedangkan New Radiant sementara tertahan di peringkat ketiga.

Persib bisa mempertahankan rekor menang atas tim Maladewa itu, pada laga pertama menang dengan skor 4-1. Dan kemenagan itu merupakan kemenangan pertama Persib pada laga tandang di ajang AFC Cup 2015.

Kemenangan atas tim juara Liga Maladewa itu, membuat catatan pertandingan Persib belum terkalahkan di grup H. Satu-satunya hasil imbang saat berlaga melawan Ayeyawadi Myanmar. Pada laga terakhir fase grup Persib akan menjamu tim Myanmar itu di Stadion Si Jalak Harupat Soreang Kabupaten Bandung.

Pada pertandingan yang disiarkan langsung stasiun TV RCTI tersebut berlangsung dalam tempo sedang, meski pada babak pertama Persib lebih banyak mengambil inisiatif penyerangan dan penguasaan bola.

Strategi pelatih Emral Abus dan Jajang Nurjaman untuk mencetak kemenangan secepat mungkin pada babak pertama sempat terkendala pada babak awal setelah tuan rumah melakukan insiatif penyerangan, dan sempat mengancam gawang Persib.

Namun tim "Maung Bandung" baru memecahkan kebuntuan pada menit ke-14. Sebuah serangan melalui serangan balik, Tantan yang lepas dari hadangan bek Radiant melancarkan umpan ke kotak penalti. M Ridwan yang menusuk ke tengah langsung melakukan tembakan yang sempat membentur mistar gawang Radian, dan bola pantulan masuk melewati garis gawang yang dikawal Ahmedov.

Meski berposisi sebagai wing back, Ridwan cukup produktif mencetak gol dan beberapa kali menjadi pencetak gol penentik kemenangan bagi Persib Bandung. Gerakan Tantan yang melebar ke sayap, mengecoh pertahanan Radian sehingga M Ridwan leluasa melakukan tembakkan keras.

Pergerakan Makan Konate di sektor tengah Persib yang didukung Firman Utina dan Atep cukup efektif memenangkan lini tengah berduel dengan lini tengah Radiant yang dimotori Wiliam Mako, namun babak pertama tetap 0-1 untuk Persib.

Memasuki babak kedua, New Radiant SC mengambil inisiatif penyerangan melalui pola bola-bola panjang dan tinggi. Beberapa kali sempat mengancam gawang Persib yang dikawal I Made Wirawan.

Selain itu penampilan bek Vladimir Vujovic cukup apik melakukan pengawalan dan sulit ditembus baik saat menghadang bola atas maupun bola bawah. Bersama Toni Sucipto begitu disiplin mengawal penyerang lawan.

Sedang di bawah mistar, kiper I Made Wiryawan cukup kokoh. Meski sempat dikhawatirkan setelah mengalami cedera setelah berbenturan dengan Nova Aryanto pada Kompetisi Liga QNB lawan Pelita Bandung Raya, namun penampilannya sangat prima melakukan penyelamatan.

Persib memiliki peluang emas pada injury time, namun tembakan Supardi gagal menembus gawang Radiant, melenceng 50 centimeter dari tiang gawang kanan tim tuan rumah.

Pada pertengahan babak kedua, Persib melakukan penyegaran pemain dengan memasukan Taufik, Dedi Kusnandar dan Dias Angga. Persib bermain lebih apik dan memaksimalkan serangan balik.

Namun hingga pluit panjang dibunyikan wasit kedudukan tetap 0-1 untuk kemenangan Persib Bandung. Kartu kuning mewarnai pertandingan itu yakni untuk Wiliam Makko (New Radiant), Hariono, Makan Konate (Persib).

Pewarta: Syarif Abdullah
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2015