Pemerintah pusat maupun daerah harus percepat pencairan APBN dan APBD. Kita berharap dengan anggaran yang besarannya lebih dari Rp800 triliun dapat menggerakkan ekonomi di daerah,"
Jakarta (ANTARA News) - Wakil Presiden Jusuf Kalla mengingatkan pusat dan daerah harus cepat mencairkan anggaran sehingga menumbuhkan dan menggerakkan ekonomi masyarakat.

"Pemerintah pusat maupun daerah harus percepat pencairan APBN dan APBD. Kita berharap dengan anggaran yang besarannya lebih dari Rp800 triliun dapat menggerakkan ekonomi di daerah," kata Wapres saat menutup Musyawarah Perencanaan dan Pembangungan Nasional (Musrenbangnas) 2015 di Jakarta, Rabu.

Wapres mengatakan, dengan mempercepat pencairan anggaran maka proyek-proyek pemerintah juga segera berjalan dan ikut menumbuhkan serta menggerakkan ekonomi masyarakat.

Lebih lanjut Wapres menjelaskan, ada dua hal yang harus dilakukan untuk menstabilkan ekonomi masyarakat yaitu dengan pertanian dan infrastruktur yang baik.

Infrastruktur bukan hanya jalan tapi juga membangun sesuai kebutuhan misalnya untuk petani dibangun irigasi.

Menurut dia, pemerintah yang baik bukan hanya melakukan tugas rutinnya tapi juga melakukan inovasi.

"Beberapa tahun terakhir anggaran untuk masyarakat menjadi lebih kecil dari pada pemerintah sendiri itu harus jadi koreksi kita semua," katanya.

Kalau anggaran rutin pemerintah lebih besar artinya kita melayani diri sendiri tapi jika lebih besar untuk pembangunan masyarakat, baru pemerintah kita menjadi sehat.

Sepanjang anggaran pembangunan masih jauh dari anggaran rutin, maka kita tidak akan, sehat dalam pembangunan," ujar Wapres.

Pewarta: Desi Purnamawati
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2015