Jakarta (ANTARA News) - Kepolisian Daerah Metropolitan Jakarta Raya akan menutup Jalan Sudirman-MH Thamrin dan kawasan Monumen Nasional di dekat Istana Negara pada perayaan Hari Buruh Internasional, Jumat (1/5).

"Penutupan akan dilakukan mulai pukul 06.00 hingga 13.00 WIB," kata Kepala Subdirektorat Pendidikan dan Rekayasa Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya Ajun Komisaris Besar Polisi Warsinem di Jakarta, Kamis.

Ia mengatakan penutupan Jalan Sudirman-Jalan MH Thamrin hingga Istana Negara dilakukan untuk mencegah kepadatan kendaraan karena aksi buruh akan terkonsentrasi di kawasan itu.

Warsinem mengatakan penutupan jalan protokol itu bersifat situasional, hanya saat lalu lintas kendaraan pengangkut buruh padat.

Perwira menengah kepolisian itu mengatakan petugas kepolisian akan mengimbau pengguna kendaraan yang membawa buruh menempatkan angkutannya di kantong parkir.

"Kita imbau kendaraan tidak parkir di sepanjang Jalan MH Thamrin," ujarnya.

Petugas akan mengarahkan kendaraan di kantong parkir Monumen Nasional (Monas), Irti, Stadion Utaman Gelora Bung Karno, dan Lapangan Banteng.

Polisi menyiapkan mobil derek untuk menarik kendaraan yang diparkir di sepanjang Jalan MH Thamrin.

Sejumlah organisasi buruh akan memperingati Hari Buruh dengan menggelar aksi yang melibatkan sekitar 100 ribu orang di Jakarta pada Jumat (1/5).

Sebanyak 14.404 aparat Polri, TNI dan Pemerintah Daerah DKI Jakarta akan dikerahkan untuk mengamankan acara peringatan Hari Buruh 2015.

Pewarta: Taufik Ridwan
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2015