Kami memberikan waktu hingga pukul 14.00 karena mereka akan segera bertolak kembali ke Filipina pada pukul 16.00 WIB
Yogyakarta (ANTARA News) - Setelah pelaksanaan eksekusi terhadap terpidana mati asal Filipina Mary Jane Fiesta Veloso ditunda dan ia dikembalikan ke Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Yogyakarta, keluarga besar menyempatkan diri menjenguknya sebelum bertolak kembali ke Filipina, Kamis.

Keluarga besar yang di antaranya dua anak Mary Jane, kedua orang tua dan mantan suaminya dengan diampingi kuasa hukumnya serta perwakilan dari Kedutaan Besar Filipina tersebut tiba di Lapas Wirogunan Yogyakarta sekitar pukul 08.20 WIB.

Rombongan yang melakukan perjalanan dari Cilacap, Jawa Tengah tersebut sempat menunggu beberapa saat sebelum akhirnya diizinkan masuk oleh pihak Lapas Wirogunan.

Kepala Lapas Kelas II Yogyakarta Zaenal Arifin mengatakan, kedatangan keluarga hanya bersifat lepas kangen pascapenundaan eksekusi terhadap Mary Jane.

"Pertemuan Mary Jane dan keluarga besar dilakukan di ruang khusus, bukan di ruang yang biasa digunakan menjenguk tahanan," katanya.

Ia mengatakan, untuk pertemuan ini pihak Lapas memberikan waktu yang lebih longgar kepada keluarga Marry Jane ini, hingga pukul 14.00 WIB.

"Kami memberikan waktu hingga pukul 14.00 karena mereka akan segera bertolak kembali ke Filipina pada pukul 16.00 WIB," katanya.

Mary Jane merupakan satu di antara sembilan terpidana mati yang seharusnya dieksekusi pada gelombang ke dua Rabu (29/4) dini hari, setelah upaya hukum grasi maupun permohonan PK ditolak.

Eksekusi mati terhadap Mary Jane ditunda dikarenakan ia harus menjadi saksi kasus perdagangan manusia yang sedang ditangani kepolisian Filipina.

Pewarta: Victorianus Sat Pranyoto
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2015