Padang (ANTARA News) - Kepolisian Daerah (Polda) Sumatera Barat (Sumbar) menggelar sosialisasi penerimaan anggota polisi terpadu 2015 dan kampanye keselamatan berlalulintas di Padang Fair 2015.

"Disamping kami adakan sosialisasi mengenai penerimaan anggota Polri 2015, juga mengkampanyekan keselamatan berlalulintas kepada pengunjung Padang Fair," kata Kepala Biro SDM Polda Sumbar Kombes Pol Gatot Tri Suryanto melalui Kepala Bagian Pengendalian Personil Biro SDM AKBP Riyadi Nugroho di Padang, Kamis.

Namun, menurutnya pengunjung Padang Fair lebih antusias mengikuti sosialisasi penerimaaan anggota polisi 2015.

"Pengunjung lebih banyak bertanya terkait penerimaan anggota polisi baru," ujarnya.

Dalam pelaksanaannya pihaknya menyiapkan brosur, foto dan video terkait penerimaan anggota polisi.

"Di stan itu kami hanya memberikan sosialisasi khusus bagi calon anggota polisi pendaftarannya tetap di polres atau polresta setempat," ujarnya.

Terkait dengan dilaksanakannya penerimaan polisi pada tahun ini, Polda Sumbar juga melaksanakan pembinaan kepada calon polisi.

"Kami setiap hari melaksanakan pembinaan di Gor H Agus Salim dan dalam kegiatannya siapa saja boleh ikut, baik dia mendaftar di Polresta Padang ataupun di luar Padang," katanya.

Dalam pembinaan itu, sebutnya, ada pembinaan jasmani dan psikologi.

"Khusus pembinaan psikologi dilaksanakan di Kantor Biro SDM Polda Sumbar dan peserta yang datang agar melapor dulu ke petugas," imbuhnya.

Menurutnya bimbingan yang dilaksanakan ini merupakan upaya yang dilakukan pihak kepolisian untuk mematangkan kemampuan para calon polisi yang akan melaksanakan tes.

"Pembinaan ini dilaksanakan oleh instruktur yang membidangi, nanti akan pembelajaran tentang sit up, push up dan pull up yang sesuai ketentuan," ujarnya.

Ia menuturkan dalam kegiatan itu juga diadakan simulasi tes.

"Kami adakan simulasi dan kami beritahu berapa nilai yang didapatkan peserta dan berapa yang harus ditambah agar mereka lolos tes," ucapnya.

Ia mengatakan, kegiatan ini berlangsung tiap hari, Senin sampai Jumat dimulai pukul 16.00 WIB dan Sabtu serta Minggu dimulai pukul 09.00 WIB, dan sudah berlangsung sejak bulan Februari 2015.

"Kegiatan ini merupakan persiapan tes yang diberikan pihak kepolisian bagi calon polisi baru supaya mereka percaya diri dan tidak terpengaruh bujuk rayu oknum yang menawarkan membantu lulus dengan syarat sejumlah uang," katanya.

Iyul (48), pengunjung Padang Fair, mengatakan sangat terbantu dengan adanya stan dari kepolisian itu.

"Anak saya tahun ini ikut daftar polisi, saya merasa terbantu karena dengan adanya stan ini. Saya mendapatkan informasi lebih detil terkait penerimaan polisi baru," katanya.

Pewarta: Junisman
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2015