Madrid (ANTARA News) - Juara dunia Marc Marquez akan bugar berkendara di negerinya sendiri ketika kejuaraan MotoGP kembali ke Eropa di Grand Prix Spanyol di Jerez, kendati dia patah jari karena kecelakaan saat latihan akhir pekan lalu.

Pengendara Repsol Honda itu sedang naik turun pada awal musim ini dan mengalami kemunduran besar ketika dia harus menjalani bedah jari kelingking tangan kirinya setelah jatuh di arena balap Barcelona.

"Seperti yang Anda tahu, saya jatuh saat latihan akhir pekan lalu dan sialnya patah kelingking tangan kiri saya," kata Marquez dalam blognya Repsol.com.

"Yang penting adalah operasi berjalan baik dan setelah pengecekan medis, saya akan siap pergi ke Jerez yang sungguh berarti bagi saya."

Marquez berhasil mempertahankan gelar juara dunia musim lalu dengan memenangkan 10 balapan awal.

Namun kendati menjuarai Grand Prix Amerika belum lama bulan ini, dia malah dilewati juara dunia tujuh kali MotoGP Valentino Rossi.

Rossi telah memenangi balapan di Qatar dan Argentina sehingga unggul 30 poin dari Marquez yang masih terjebak di peringkat lima klasemen.

"Kejuaraan ini masih sangat panjang. Saya merasa baik-baik dan kembali ke Eropa adalah menyenangkan," kata Rossi.

Dua pebalap Ducati Andrea Dovizioso dan Andrea Iannone menyempurnakan All-Italian pada tiga besar klasemen kejuaraan, namun ancaman serius bagi upaya Rossi menjadi juara dunianya yang pertama sejak 1999 kemungkinan datang dari rekan satu tim Marquez, Jorge Lorenzo.

Lorenzo yang dua kali juara dunia juga melalui awal yang terseok-seok musim ini karena gagal masuk podium dan hanya satu poin di depan Marquez pada peringkat empat.

"Ini adalah salah satu balapan yang paling menantang tahun ini dan itu juga salah satu yang paling menyenangkan karena atmosfernya," kata Lorenzo tentang sirkuit Jerez.

Pebalap Honda Dani Pedrosa kembali harus absen karena masih harus menunggu pulih sejak operasi lengan bawahnya setelah balapan awal musim ini, demikian AFP.

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2015