Kathmandu (ANTARA News) - Bantuan kemanusiaan RI kedua untuk korban bencana gempa bumi di Nepal, tiba di Bandara Tribhuvan, Kathmandu, Sabtu pukul 01.25 waktu setempat (02.40 WIB).

Bantuan kemanusiaan seberat 30 ton dan rombongan tim berjumlah 33 orang dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Badan SAR Nasional (Basarnas), Kementerian Luar Negeri dan jurnalis berangkat dari Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, dengan pesawat charter Airbus milik Garuda Indonesia.

Tim bantuan kemanusiaan disambut oleh Direktur Tanggap Darurat BNPB Junjunan Tambunan, Direktur Asia Selatan dan Tengah Kemlu Amin Wicaksono dan Komandan tim Nepal TNI AU Kolonel Indan Gilang.

Menurut Tambunan, bantuan seberat 30 ton tersebut hasil koordinasi dari BNPB, Kementerian Kesehatan, Kementerian Sosial, Lembaga sosial-kemasyarakatan, berupa perlengkapan medis, tenda pengungsi, kantong mayat, makanan siap saji, makanan pengganti ASI, alat penjernih air, dan obat-obatan.

"Bantuan yang datang pagi ini merupakan yang terbesar yang dikirim dari Indonesia," kata dia.

Bantuan kemanusiaan RI ketiga dengan Pesawat Hercules TNI AU diperkirakan akan tiba di Kathmandu pukul 05.30 waktu setempat.

Bantuan kemanusiaan keempat direncanakan akan berangkat dari Jakarta pada Minggu, dengan menggunakan pesawat Cardiq.

Pewarta: A Fitriyanti
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2015