London (ANTARA News) - Diego Costa berpeluang tidak bermain lagi untuk Chelsea pada musim ini, kata Jose Mourinho, menjelang program kebugaran musim panas mereka yang ditujukan untuk mengembalikan kekuatan penyerang kekar asal Spanyol itu.

Costa dipastikan absen untuk pertandingan di markas Crystal Palace pada Minggu, di mana kemenangan akan memastikan mereka merengkuh gelar liga.

Jika Chelsea dapat meraih tiga angka, Mourinho berkata bahwa pencetak gol terbanyak mereka tidak akan kembali dimainkan pada musim ini, setelah musim di mana ia banyak diganggu masalah cedera otot paha belakang.

Costa hanya akan dimainkan jika mereka masih memerlukan angka untuk menjuarai liga saat melawan Liverpool pada Minggu depan, namun Mourinho mengonfirmasi bahwa Loic Remy bugar untuk pertandingan melawan Palace.

"Terdapat peluang mungkin ia tidak (dimainkan)," kata Mourinho ketika ditanyai apakah Costa akan tampil pada empat pertandingan terakhir mereka.

"Jika kami menang pada Minggu, saya akan berkata bahwa ia tidak bermain melawan Liverpool. Jika kami tidak menang pada Minggu, kami memerlukan angka-angka saat melawan Liverpool, saya akan berkata ia akan bermain melawan mereka. Ini mengenai hasil demi hasil, kebutuhan dan kebutuhan. Jika kami tidak membutuhkannya, mungkin ia tidak akan bermain (lagi)."

"Ini hanya mengenai nilai resiko. Pada proses ini, di bulan terakhir, jika kami kalah pada satu pertandingan -- dan kami ingin kalah untuk kedua kalinya -- ia akan segera kembali. Segera."

"Karena hasil-hasil pada bulan terakhir selalu kemenangan-kemenangan dan hasil imbang melawan tim di peringkat kedua, kami tidak perlu tergesa-gesa. Kami berusaha untuk memberikan stabilitas maksimal bagi dia agar dapat menjadi lebih kuat dan semakin kuat. Tidak perlu resiko apapun. Remy kembali...dipastikan kembali."

Bekerja tanpa rasa takut

Ketika ditanyai apakah Costa akan mendapatkan libur musim panas yang panjang, Mourinho berkata, "Lebih kepada periode kerja yang bagus. Kami mempersiapkan situasi kerja yang bagus untuk dia sepanjang periode liburan, di mana ia dapat mencampur liburan dengan bekerja tanpa rasa takut."

Sementara itu Mourinho berkata bahwa Chelsea akan menilai situasi Didier Drogba pada musim panas, untuk melihat apakah ia akan bertahan semusim lagi sebagai penyerang pilihan ketiga. Ia juga memuji kontribusi sang pemain veteran.

"Ketiga penyerang akan selalu memiliki waktu dan pertandingan-pertandingan, rotasi, bentuk, penampilan, kartu-kartu, cedera-cedera, kompetisi-kompetisi yang berbeda... Akan selalu ada ruang dan waktu untuk mereka semua. Dan ya, saya mengharapkannya."

Gol-gol penting ia ciptakan di Piala Liga. Gol-gol penting -- bukan dalam jumlah besar -- di Liga Utama Inggris. Kontribusi hebat. Kami akan memiliki waktu untuk berbicara dan menganalisa perasaan-perasaannya."

Sementara itu, Mourinho menolak untuk menyinggung tudingan pelatih Arsenal Arsene Wenger bahwa ia "tidak menghormati" pelatih-pelatih lain, atau bahwa Chelsea telah menjadi membosankan.

Bagaimanapun, ia kembali menegaskan bahwa mereka akan layak menjadi juara.

"Anda tahu, saya tidak lagi memiliki data untuk ditambahkan untuk apa yang telah nyata. Anda menganalisanya dari semua perspektif. Sebagaimana saya katakan pada konferensi pers terakhir di sini, analisa dari semua perspektif dan Anda selalu mendapati Chelsea sangat kuat di setiap peringkat."

"Memasukkan gol, kemasukan gol, rekor di kandang, rekor tandang, jumlah kemenangan.... dari setiap perspektif, Anda mendapati Chelsea yang sangat kuat."

"Itulah mengapa, di liga yang sulit untuk dimenangi, kami berada di puncak liga sejak hari pertama. Yang tentu saja bukan rekor, karena tim-tim lain melakukan hal yang sama. Namun saya pikir, khususnya di sepak bola modern, itu merupakan hal yang sangat sulit untuk dilakukan." Demikian laporan AFP.

(Uu.H-RF/D011)

Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2015