Tokyo (ANTARA News) - Homare Sawa, pemain sepak bola wanita asal Jepang yang juga pencetak gol terbanyak dan terbanyak pula mengikuti pertandingan internasional, akan bersaing lagi di Piala Dunia Wanita untuk keenam kali setelah ia sempat absen selama setahun untuk masuk tim di Kanada.

Pemain berusia 36 tahun, yang pernah dinobatkan sebagai pemain terbaik turnamen dan mencetak gol terbanyak di putaran final saat Jepang mengalahkan Amerika Serikat melalui adu penalti empat tahun lalu, masuk dalam skuad 23 pesepak bola perempuan pada Sabtu untuk laga mempertahankan gelar juara pada 6 Juni-5 Juli.

Sawa, yang bermain di salah satu klub sepak bola di Amerika sebelum kembali ke Jepang bersama Kobe Leonessa, telah mengumumkan pensiun pada tahun 2012 tetapi kemudian ia kembali lagi ke lapangan dan berkompetisi di liga Kanada.

Dia membantu Jepang untuk memenangkan Piala Asia tahun lalu, namun gelandang itu mengundurkan diri dari skuad untuk Piala Algarve pada Maret menyusul sejumlah cedera dan kurangnya perhatian pelatih kepala Norio Sasaki kepada dia.

"Saya mengandalkan dia menjadi pilar tim, di dalam dan luar lapangan," ujar Sasaki seperti dikutip oleh Kyodo News.

"Kualitasnya diperlukan untuk Nadeshiko sekarang. Saya tekankan bahwa pengalamannya belum semuanya dia tampilkan. Saya memilih dia dengan kondisi dan kebugarannya yang sekarang."

Sawa, yang pernah dinobatkan FIFA sebagai pemain terbaik pada tahun 2011, memulai debutnya untuk tim nasional saat berusia 15, mencetak empat gol dalam kemenangan menegangkan atas Filipina.

Dia telah membuat hampir 200 penampilan untuk tim yang dikenal sebagai "Nadeshiko", dijuluki anyelir merah muda, mencetak lebih dari 80 gol dan juga bermain di empat Olimpiade. Demikian laporan AFP.

(Uu.D011/T004)

Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2015