Jakarta (ANTARA News) - Rumor mengenai iPad Pro telah menjadi pembicaraan hangat sejak satu setengah tahun lalu, bahkan perangkat Apple tersebut sempat dikabarkan akan diluncurkan musim gugur lalu.

Dalam bocoran foto yang diunggah @OnLeaks, seperti dilansir GSM Arena, memperlihatkan bahwa iPad Pro akan mengusung layar 12,9 inci, bukan 12,2 inci seperti yang selama ini dikabarkan.

Perangkat tersebut akan memiliki ukuran 305,7 x 222,6mm. Dengan layar 12,9 inci dan perbandingan 4:3, layar akan berukuran 196,6 x 261,2mm, yang berarti rasio layar dengan tubuh sekitar 75,7 persen.

Jauh lebih besar dibanding iPad 2 dan iPad Air Mini 3 yang keduanya memiliki perbandingan sekitar 71,7 persen.

Tablet milik Apple itu dilaporkan akan hadir dengan ukuran cukup tipis yakni 7,2mm. Lebih tipis daripada Samsung Galaxy Note 12.2 Pro dan Tab 12.2 Pro yang keduanya memiliki tebal 8mm.

Elemen lain yang nampak dalam foto adalah empat speaker dengan desain khas iPhone 6 yang berada di dua sisi perangkat tersebut.

Elemen tubuh lainnya yang terlihat dalam skema adalah kisi-kisi speaker - khas iPhone 6 desain, tetapi tidak ada kurang dari empat dari mereka.

Sebuah port juga nampak di salah satu sisi. Port tersebut diperkirakan USB type-C karena terlihat menyerupai MacBook 12 inci.

Seperti biasa, tombol volume, jack headphone dan tombol power berada di bagian sisi, sementara kamera berada di salah satu sudut bagian belakang perangkat.

Penerjemah: Arindra Meodia
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2015