Bandung (ANTARA News) - Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan meresmikan Museum Pendidikan Nasional di Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung, Sabtu.

"Bertepatan dengan Hari Pendidikan Nasional ini UPI berhasil membangun Museum Pendidikan, boleh jadi ini museum pendidikan pertama yang didirikan oleh perguruan tinggi pendidikan di Indonesia," kata Ahmad Heryawan dalam sambutannya.

Ia menuturkan, museum adalah tempat yang menampilkan cerita masa lalu untuk dipelajari di masa depan.

Museum Pendidikan Nasional ini menampilkan riwayat pendidikan di Indonesia yang direkam dengan secara baik, khususnya di Jawa Barat.

"Kalau ingin tahu riwayat pendidikan di Indonesia masuklah ke museum Pendidikan," katanya.

Menurut Ahmad Heryawan, sektor pendidikan menjadi salah satu hal penting dalam pembangunan karena tidak pernah ada kemajuan dan peradaban sebuah bangsa tanpa adanya pendidikan.

"Oleh karena itu, pendidikan menjadi jenis pembangunan penting karena pembangunan lainnya tidak akan berhasil tanpa keberhasilan pembangunan pendidikan terlebih dahulu," ujarnya.

Lebih lanjut ia menuturkan, pendidikan yang unggul di negeri ini tidak akan terjadi tanpa hadirnya guru dan dosen yang berkualitas.

Pewarta: Ajat Sudrajat
Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2015