Jakarta (ANTARA News) - Saat Microsoft dijadwalkan akan meluncurkan Windows 10 pada musim panas ini, perusahaan tersebut dilaporkan tidak akan meluncurkan Windows 10 untuk smartphone pada waktu yang bersamaan.

Dalam acara Microsoft Build Developer Conference yang berlangsung di San Francisco 29 April hingga 1 Mei 2015, Corporate Vice President Operating System Group Microsoft Joe Belfiore menjelaskan bahwa Microsoft memilih fokus menghadirkan Windows 10 untuk perangkat PC terlebih dahulu.

"Kami membangun sistem operasi untuk ponsel jauh sebelum kami membangun untuk PC. Kami akan memberikan pengalaman baru (sistem operasi baru) untuk ponsel nanti setelah PC," kata Belfiore.

"Dari sudut pandang perangkat, fokus utama kami adalah memulai peluncuran Windows 10 untuk PC, kemudian perangkat lain, diantaranya ponsel, HoloLens, Xbox, Surface Hub, yang kemungkinan tidak pada tanggal yang sama dengan PC," sambung dia.

Dalam kesempatan tersebut Belfiore juga mengungkapkan bahwa Microsoft akan meluncurkan handset baru tahun ini. Perangkat tersebut diperkirakan akan hadir akhir tahun ini, setelah peluncuran Windows 10 untuk PC.

Sebelumnya, Microsoft juga merilis Windows 8.1 untuk PC lebih cepat dibanding versi smartphone, dan kini Windows 10 melanjutkan kebiasaan itu.

Bersamaan dengan rencana peluncuran ponsel, Microsoft juga mengaku bahwa beberapa fitur tidak akan tersedia pada Windows 10.

Belfiore tidak menjelaskan berapa banyak fitur yang akan hilang atau tidak kompatibel dengan Windows 10, namun ia mengungkapkan bahwa peluncuran fitur baru akan dimulai pada musim panas hingga musim gugur mendatang.

Salah satu contoh fitur baru adalah dukungan browser Edge yang akan tiba setelah musim panas.

"Kami sedang dalam fase finishing proyek tersebut, dan kami akan terus mengembangkan," ujar Belfiore.

Microsoft masih belum siap untuk mengatakan dengan pasti kapan perusahaan tersebut akan meluncurkan Windows 10 dengan alasan sedang dalam pengembangan, demikian The Verge.

Penerjemah: Arindra Meodia
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2015