Jakarta (ANTARA News) - Tim dari Pos Keadilan Peduli Umat (PKPU) mulai menyalurkan logistik kepada masyarakat yang menjadi korban gempa bumi berkekuatan 7,9 SR yang mengguncang wilayah Nepal.

"Tim Disaster Risk management (DRM) PKPU di Kathmandu mulai hari ini mendistribusikan bantuan logistik seperti beras dan air minum," kata Manajer Humas PKPU, Sukismo melalui pesan singkat di Jakarta, Sabtu.

Dia mengatakan, pada saat ini korban gempa sangat membutuhkan bantuan logistik.

"Beberapa kebutuhan mendesak diantaranya beras, ubi, minyak goreng, gula, tepung, garam, air minum dan lain sebagainya," katanya.

Selain makanan, tambah dia, kebutuhan mendesak pengungsi lainnya adalah selimut, pakaian, tikar, tenda, tangki air dan shelter.

"Rencana distribusi akan di fokuskan ke dua lokasi pengungsian Dardar Squar dan Kalinki Showyambu di wilayah Bhaktapur. Secara umum Kathmandu terbagi dalam tiga wilayah yakni Bhaktapur, Lilipur dan Kathmandu," katanya.

Sementara itu, dia juga menambahkan, beberapa titik yang dijangkau oleh tim DRM PKPU adalah pencarian korban runtuhnya apartemen di kawasan Distrik Thamel Kathmandu.

"Selain itu tim DRM PKPU pada hari Kamis dan Jumat terlibat di Distrik Ganggaphur, di distrik ini ada lima titik evakuasi yang lakukan oleh beberapa relawan internasional dari beberapa negara," katanya.

Sementara itu, gempa berkekuatan 7,9 SR mengguncang Nepal pada Sabtu (25/4) dan telah menelan banyak korban jiwa.

Pemerintah setempat melaporkan 30 dari 75 wilayah di negara tersebut terdampak langsung termasuk wilayah lembah Kathmandu.

(W004)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2015