Cordoba, Spanyol (ANTARA News) - Barcelona sukses mencukur habis tuan rumah Cordoba dengan skor 8-0 dalam laga lanjutan pekan ke-34 La Liga Spanyol usai, di Estadio Nuevo Arcangel, Sabtu.

Penyerang asal Uruguay Luis Suarez mencetak trigol dalam laga tersebut, sementara megabintang Barcelona Lionel Messi mengemas dwigol dan sisanya gol-gol kemenangan Las Blaugranas dicetak oleh Ivan Rakitic, Gerard Pique dan Neymar.

Berkat kemenangan tersebut Barcelona makin kokoh di puncak klasemen dengan raihan 87 poin dan melebarkan jarak dengan Real Madrid (82) di posisi kedua sebanyak lima poin.

Madrid sendiri baru akan melakoni pekan ke-34 pada Minggu dini hari WIB melawan Sevilla.

Sementara bagi Cordoba (20) kekalahan kali ini menjadi kepastian mereka terdegradasi ke Liga Segunda.

Barcelona membuka keunggulan pada menit 42 saat Rakitic berhasil menemui umpan khas Messi di tiang jauh dengan sebuah tendangan dua sentuhan yang diakhir sebuah voli demi menaklukkan penjaga gawang Juan Carlos.

Di menit-menit tambahan jelang turun minum mereka menggandakan keunggulan melalui Suarez yang memanfaatkan umpan dari Andres Iniesta.

Memasuki babak kedua, Barcelona hanya butuh satu menit untuk memperbesar kedudukan menjadi 3-0 melalui tandukan Messi, yang kemudian diperbesar menjadi 4-0 oleh Suarez pada menit 53.

Dani Alves bertanggung jawab penuh untuk menyajikan umpan atas dua gol tersebut.

Menit 65, Pique mengubah skor menjadi 5-0 setelah mencetak gol memanfaatkan umpan Rakitic yang dilepaskan dari sepak pojok.

Messi memastikan torehan dwigolnya pada menit 80 saat menyelesaikan umpan Suarez.

Lima menit berselang, Neymar turut membubuhkan namanya di papan skor setelah mengkonversikan tendangan penalti yang diperoleh setelah Messi dilanggar di area terlarang.

Dua menit jelang waktu normal usai, giliran Suarez yang memastikan raihannya menjadi trigol dalam laga tersebut memanfaatkan bola muntah hasil tendangan Xavi.

Berikut susunan pemain yang diturunkan kedua tim dalam laga tersebut sebagaimana dilansir laman resmi UEFA.

Cordoba (5-4-1): Juan Carlos (PG); Jose Angel Crespo (Adrian Gunino), Inigo Lopez, Deivid, Aleksandar Pantic, Edimar; Luso (Patrick Ekeng), Rene Krhin, Bebe (Fede Vico), Fidel; Florin Andone
Pelatih: Jose Antonio Romero

Barcelona (4-3-3): Claudio Bravo (PG); Dani Alves, Gerard Pique, Javier Mascherano (Jeremy Mathieu), Jordi Alba; Ivan Rakitic (Pedro Rodriguez), Sergio Busquets, Andres Iniesta (Xavi); Lionel Messi, Luis Suarez, Neymar

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2015