Barcelona (ANTARA News) - Trigol Luis Suarez membantu Barcelona menang besar 8-0 atas Cordoba, dan Cristiano Ronaldo menorehkan rekor baru di Liga Spanyol dengan trigol ke-25nya saat Real Madrid menang 3-2 atas Sevilla pada Sabtu.

Barca semakin dekat dengan gelar Liga Spanyol kelima mereka dalam tujuh tahun, namun Real membuntuti mereka dengan hanya tertinggal dua angka dengan tiga pertandingan tersisa.

Juara bertahan Atletico Madrid ditahan imbang 0-0 oleh Athletic Bilbao namun tetap berada di posisi terdepan untuk finis di peringkat ketiga, dengan keunggulan tujuh angka atas Valencia yang akan bermain melawan Eibar pada Minggu.

Ketajaman Suarez telah menghasilkan 17 gol dari 16 pertandingan terakhirnya, sedangkan Messi telah menyarangkan 40 gol -- kurang dua gol dari pencetak gol terbanyak Ronaldo.

Ronaldo kini memiliki rekor trigol terbanyak sepanjang sejarah Liga Spanyol, unggul satu trigol lebih banyak dari Messi.

Ia menanduk umpan silang Isco pada menit ke-36 dan Javier Hernandez meneruskan umpan silang James Rodriguez untuk pemain Portugal itu, yang menaklukkan kiper Sergio Rico dari jarak lima meter.

Pemain pengganti Gareth Bale melepaskan umpan silang untuk diteruskan sundulan Ronaldo yang melengkapi trigolnya, dan membuat Sevilla menelan kekalahan kandang pertama dari 35 pertandingan di semua kompetisi.

"Cris merupakan pemain yang benar-benar positif yang hidup untuk mencetak gol-gol dan benar-benar frustrasi ketika ia tidak melakukannya," kata bek Real Sergio Ramos kepada para pewarta.

"Ia hampir tidak dapat dihentikan dan mudah-mudahan sekarang ia akan menjalani laju torehan gol yang bagus. Kami mendapatkan tiga angka yang berarti Barca harus terus menang."

Ivan Rakitic melepaskan sepakan voli yang bersarang ke bagian atas gawang untuk membawa Barca memimpin pada menit ke-42 di Cordoba, dan Suarez mencetak gol menjelang babak pertama usai.

Messi menanduk bola yang berbuah gol, dan Gerard Pique menambahi gol melalui sundulan kepala saat Barcelona semakin agresif.

Messi mencetak gol ke gawang yang terbuka dan Neymar mengonversi penalti setelah ia dijatuhkan bek Adrian Gunino.

Barca tidak memperlihatkan belas kasih ketika Suarez kembali mencetak gol untuk mengunci kemenangan.

"Sepak bola merupakan olahraga yang sangat kompleks. Kami berada di jalan yang benar namun Anda harus memulai kembali sebelum setiap pertandingan, dan berupaya untuk mengkreasikan permainan untuk mendapatkan hasil-hasil," kata pelatih Barca Luis Enrique kepada para pewarta.

"Gol-gol dari Ivan dan Luis membawa kami melaju dan kemudian pada babak kedua kami sangat efektif di depan gawang."

Sevilla memulai pertandingan dengan baik saat melawan Real dan beberapa kali menimbulkan masalah di sektor sayap melalui Jose Antonio Reyes.

Tim Andalusia itu bermain dengan sepuluh pemain ketika Ronaldo mencetak dua gol pertamanya, ketika Grzegorz Krychowiak sedang berada di pinggir lapangan setelah berbenturan kepala dengan Ramos.

Sevilla berupaya bangkit dan Carlos Bacca mengemas gol melalui penalti setelah Ramos menjatuhkan Aleix Vidal.

Setelah Ronaldo membukukan gol ketiganya, Vicente Iborra mencetak gol dari umpan silang Vidal, namun Real mampu mempertahankan kemenangan.

Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2015