London (ANTARA News) - Kate Middleton atau Duchess of Cambridge, istri Pangeran William, melahirkan bayi perempuan pada Sabtu (2/5).

Putri kedua Kate dan Pangeran William dan cicit kelima Ratu Elizabeth (89) di Inggris itu lahir pukul 08.34, sekitar 2,5 jam setelah Kate masuk Rumah Sakit St Mary di London Barat menurut pernyataan Kensington Palace, tempat pasangan itu tinggal.

Sekitar 12 jam setelah kedatangan Kate di rumah sakit, Kate dan Pangeran William muncul dengan bayi berselimut selendang wol putih dan topi guna berpose untuk para fotografer di tangga rumah sakit.

Kate membuai sang putri yang sedang tertidur di lengannya saat pasangan itu melambai ke kerumunan meski mereka tidak menyampaikan keterangan.

Beberapa menit kemudian Pangeran William membawa bayinya ke mobil yang sudah menunggu, dan kemudian membawa istri dan putrinya ke Kensington Palace, yang tak jauh dari situ.

Sang putri akan berada dalam barisan keempat daftar antrean mahkota setelah kakaknya Pangeran George, ayahnya William dan kakeknya Pangeran Charles, menurunkan pamannya Pangeran Harry satu tingkat dalam hierarki kerajaan.

Bayi yang namanya belum diumumkan itu beratnya delapan lbs tiga ons atau sekitar 3,7 kilogram. William mendampingi istrinya saat sang bayi lahir.

"Yang mulia dan putrinya keduanya baik," kata Kensington Palace seperti dilansir kantor berita Reuters.

Keluarga pasangan itu sudah dikabari, termasuk Ratu Elizabeth dan Pangeran Philip.

William meninggalkan rumah sakit pada sore hari dan kembali bersama George untuk mengenalkannya dengan sang adik.

"Saya sangat bahagia," katanya kepada para reporter dan kerumunan besar penggemar kerajaan, yang beberapa di antaranya sudah berkemah di luar selama berhari-hari.

Perdana Menteri Inggris David Cameron mengucapkan selamat kepada pasangan itu lewat Twitter.

"Selamat untuk Duke dan Duchess of Cambridge atas kelahiran putri mereka. Saya sangat bahagia untuk mereka," tulisnya.

Putri Diana melahirkan William (32) di rumah sakit yang sama pada 1982.

William dan Kate (33) bertemu saat menempuh pendidikan di St Andrews University di Skotlandia dan menikah dalam upacara spektakuler di Westminster Abbey pada April 2011. Putra mereka George lahir pada Juli 2013.


Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2015