Lagos (ANTARA News) - Tentara Nigeria menyelamatkan 234 perempuan dan anak-anak lagi dari Hutan Sambisa di bagian timur-laut negeri itu.

Juru Bicara Militer Nasional Nigeria Mayor Jenderal Chris Olukolade mengatakan dalam pernyataan yang diterima kantor berita Xinhua pada Sabtu (2/5) bahwa mereka yang diselamatkan pada Kamis (30/4) telah diungsikan ke pusat penapisan.

Ia menyatakan orang-orang yang baru diselamatkan tersebut menambah jumlah orang yang sebelumnya diselamatkan dalam operasi yang berlangsung di daerah itu.

Ia mengatakan serangan terhadap hutan tersebut dilanjutkan dari beberapa arah dan upaya saat ini dipusatkan pada penyelamatan warga sipil yang disandera dan penghancuran semua kamp dan fasilitas gerilyawan fanatik di hutan.

Pada 28 April, tentara Nigeria menyelamatkan 300 perempuan yang tidak diketahui identitasnya di Hutan Sambisa yang bergolak dalam satu operasi.

Sebanyak 300 pelajar putri diculik dari kota kecil Chibok yang terpencil di Nigeria setahun lalu. Puluhan anak perempuan melarikan diri tapi 219 gadis lagi belum ditemukan.

Penculikan itu memicu kemarahan internasional. Sebagian besar orang yang diculik belum ditemukan kendati Barat berjanji membantu mencari mereka dan Chad berupaya menjadi perantara pembebasan mereka.

Presiden terpilih Nigeria Muhammadu Buhari telah berikrar melakukan segala upaya untuk membebaskan pelajar putri yang diculik oleh anggota Boko Haram setahun lalu tapi mengaku belum tahu apakah mereka bisa ditemukan.

Pemimpin Boko Haram Abubakar Shekau menyatakan anak-anak perempuan itu telah "dinikahkan" dengan petempurnya.

Anggota Boko Haram telah menculik sedikitnya 2.000 perempuan dan anak perempuan sejak awal 2014, menjadikannya sebagai tukang masak, budak seks atau petempur, dan kadangkala membunuh mereka yang tak mau patuh.(Uu.C003)

Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2015