London (ANTARA News) - Trofi Liga Utama Inggris akan resmi digenggam Chelsea jika Minggu malam nanti bisa mengalahkan tamunya Crystal Palace.

Kendati masa subur seperti terjadi pada awal musim telah meredup, Chelsea tak terbantahkan lagi menjadi tim paling tangguh musim ini di tengah upaya mengejar gelar juara Liga Utama Inggris pertama mereka sejak 2010.

Suasana penobatan kali ini sangat berbeda dari suasana 2010 ketika masih diasuh Carlo Ancelotti yang mengakhiri musim dengan mencukur Wigan Athletic 8-0 di Stamford Bridge guna menciptakan rekor baru gol Liga Premier dengan 103 gol dalam satu musim.

Tim Chelsea kali ini dituduh membosankan dalam beberapa pekan terakhir karena menang tujuh kali dengan marjin satu gol, di samping tiga kali seri.

Namun sebagaimana ditegaskan manager Jose Mourinho, mereka adalah tim yang memenangkan pertandingan paling banyak (24), paling sedikit menelan kekalahan(dua kali) dan paling sering clean sheet (16) dibandingkan tim Liga Inggris mana pun. Hanya juara bertahan Manchester City yang melampaui skor mereka (70 berbanding 68).

Juara Piala Liga ini kini berselisih 13 poin di depan pesaing terdekatnya City dan Arsenal. Mourinho sendiri ingin timnya segera menyudahi kampanye musim ini.

"Kami perlu dua atau tiga poin untuk menjadi juara. Katakanlah tiga poin untuk memastikan kami tidak tergantung pada selisih gol," kata dia dalam konferensi pers sebelum pertandingan.

"Kami perlu satu kemenangan atau kami perlu tiga poin dari tiga kali seri. Jelas kami ingin mengakhirinya secepat mungkin. Jika kami bisa melakukannya di kandang, itu lebih baik. Jika kami bisa melakukannya Minggu, itu bahkan lebih baik lagi. Itulah yang ada dalam pikiran kami."

Dua belas tahun sejak dibeli Roman Abramovich, Chelsea tetap di bawah bayang-bayang raksasa Liga Inggris Manchester United, Liverpool dan Arsenal dalam soal intensitas juara liga.

Kendati trofi juara liga kelimanya masih di bawah pencapaian United yang memegang rekor terbanyak dengan 20 kali juara, namun piala itu adalah trofi kejuaraan besar yang ke-13 dalam kurun 11 tahun yang tidak pernah dicapai klub Inggris mana pun.

Mourinho mengungkapkan pencetak gol terbanyaknya dengan 19 gol, Diego Costa, akan absen pada derby London malam nanti itu karena masalah hamstring problem, dan tidak akan bermain lagi musim ini jika Chelsea memastikan juara.

"Kami tidak ingin terburu-buru," jelas Mourinho yang telah mempersembahkan dua gelar juara liga kepada Chelsea sewaktu menukangi tim ini pada 2004 - 2007.

"Kami akan mencoba memberikan stabilitas yang maksimum kepada dia untuk kuat dan makin kuat. Jika kami tidak memerlukan dia, kemungkinan besar dia tidak akan bermain lagi (sampai akhir musim), tutup Mourinho seperti dikutip AFP.

Yang juga dikhawatirkan absen adalah Loic Remy karena cedera, sedangkan Thibaut Courtois diperkirakan masuk tim setelah absen saat menang 3-1 dari Leicester City.




Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2015