Jakarta (ANTARA News) - Pekan Eropa 2015 yang diselenggarakan Uni Eropa di enam kota di Indonesia mulai 1 Mei hingga 13 Mei 2015 akan diisi dengan kegiatan-kegiatan yang meliputi seni, kebudayaan, kerja sama, olahraga dan pendidikan.

"Banyak yang bisa ditemukan selama Pekan Eropa 2015 di Indonesia yang bisa mempererat hubungan politik, ekonomi hingga pertukaran budaya," kata Pelaksana Tugas Duta Besar Uni Eropa untuk Indonesia Colin Crooks saat acara maraton bertajuk "EU on the move 5K" di Jakarta, Minggu.

Salah satu acara itu adalah "Festival Film Europe on Screen" dari 1 hingga 10 Mei 2015 di enam kota, meliputi Jakarta, Bandung, Denpasar, Medan, Surabaya dan Yogyakarta.

"Dengan Europe on Screen, kami menyebarluaskan pesan atas pemahaman antarbudaya, mempersembahkan 62 film dari pembuat dan produser film ternama dari Eropa," tuturnya.

Pekan Eropa ini juga menyelenggarakan lari maraton sejauh lima kilometer di jalan-jalan protokol ibu kota dengan finis di Gedung Intiland atau kantor pusat European Union Indonesia.

Colin mengatakan hasil penjualan tiket, Rp50.000 per peserta, akan disumbangkan kepada anak-anak kurang beruntung.

Pada bidang pendidikan, akan diselenggarakan Schoolarship Info Day Eropa-Indonesia 9 Mei di Hotel Grand Sahid Jaya, yang meliputi serangkaian kegiatan, dari presentasi sampai informasi pendidikan di Eropa.

Pekan Eropa juga bekerja sama dengan Universitas Gadjah Mada untuk mengadakan kursus bahasa, presentasi kesempatan bea siswa di Eropa, bazar, pameran dan pertunjukan.

Pewarta: Juwita Trisna Rahayu
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2015