Jakarta (ANTARA News) - Pasangan muda ganda putra pelatnas Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI) Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto gagal menyabet gelar juara dalam turnamen Selandia Baru Terbuka 2015 karena kalah tenaga dibanding pasangan Tiongkok.

"Memang pasangan Tiongkok lebih punya tenaga dan mereka bermain lebih baik. Sedangkan pasangan Indonesia lengah pada game kedua setelah unggul 6-0. Setelah itu, keadaan terbalik dan lawan semakin solid. Fajar/Rian justru banyak melakukan kesalahan sendiri," kata pelatih ganda putra pelatnas PBSI Aryono Miranat dalam pesan singkat yang diterima Antara di Jakarta, Minggu.

Fajar/Rian gagal merebut kemenangan dalam putaran final turnamen tingkat grand prix gold itu setelah takluk dari pasangan Huang Kaixiang/Zheng Si Wei selama 47 menit pertandingan dengan skor 21-16, 17-21, dan 9-21.

Pada game pertama, Fajar/Rian terus mendominasi pertandingan hampir tanpa memberikan peluang bagi lawan untuk memimpin perolehan skor hingga 21-16.

Namun pada game kedua, Fajar/Rian tersusul Huang/Zheng setelah skor mencapai 7-7. Pasangan Tiongkok itu terus unggul hingga pertandingan berakhir 17-21 untuk Fajar/Rian.

Pasangan muda Indonesia itu tambah terpuruk sejak awal game ketiga hingga Huang/Zheng mengakhiri pertandingan 21-9 dan pasangan Tiongkok itu menjadi pemenang.

Aryono mengakui pasangan Fajar/Rian perlu memperbaiki kekuatan fisik terutama saat menghadapi wakil-wakil Tiongkok dalam pertandingan internasional.

"Iya, mungkin itu dan juga fokus tidak boleh hilang atau lengah sedikitpun. Tapi, pertandingan itu akan menjadi pengalaman bagi Fajar/Rian," kata Aryono.

Selain Huang/Zheng, dua wakil lain Tiongkok sukses merebut kemenangan dalam turnamen berhadiah 120 ribu dolar AS itu.

Pasangan ganda campuran Zheng Si Wei/Chen Qingchen menang atas sesama wakil Tiongkok Yu Xiaoyu/Xia Huan dengan skor 21-14 dan 21-8.

Kemudian pada partai ganda putri, Xia Huan/Zhong Qianxin mampu menaklukkan pasangan Jepang Yuki Fukushima/Sayaka Hirota dengan skor 17-21, 24-22, dan 21-19.

Pada partai tunggal putra, wakil Korea Selatan Lee Hyun Il mengalahkan tunggal putra Tiongkok Qiao Bin dengan skor 21-12, 21-14.

Terakhir, tunggal putri Jepang Saena Kawakami menyabet kemenangan setelah menundukkan tunggal putri Tiongkok He Bing Jiao dengan skor 21-16, 21-18. 

Pewarta: Imam Santoso
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2015