Para siswa sudah melakukan berbagai persiapan di sekolahnya masing-masing. Jadi kami optimistis seluruh peserta ujian bisa lulus."
Subang (ANTARA News) - Sebanyak 26.662 siswa tingkat Sekolah Menengah Pertama di Kabupaten Subang, Jawa Barat, akan mengikuti ujian nasional yang akan dimulai pada Senin (4/5).

Kepala Dinas Pendidikan Subang Engkus Kusdinar mengatakan, dari total 26.661 siswa yang akan mengikuti ujian nasional tingkat SMP, sebanyak 20.774 orang merupakan siswa SMP.

Peserta ujian nasional lainnya, sebanyak 5.172 orang dari Madrasah Tsanawiyah atau MTs dan sisanya 715 orang dari peserta paket B.

"Persiapannya sudah digelar sejak jauh-jauh hari. Sekarang, sudah bisa dikatakan persiapannya mencapai 100 persen, tinggal pelaksanaan," katanya, saat dihubungi di Karawang, Minggu.

Tahapan persiapan terakhir ialah melakukan pendistribusian naskah soal ujian beserta lembar jawabannya. Dipastikan, pendistribusian naskah soal ujian itu tidak akan bocor.

Sebab, proses pendistribusiannya mendapat pengawalan ketat, yakni dikawal perwakilan rayon, subrayon, dan Dinas Pendidikan Subang, termasuk mendapat pengawalan ketat aparat kepolisian.

Ia menyatakan, ujian nasional tingkat SMP dan sederajat yang akan mulai digelar pada Senin (4/5), dilaksanakan secara manual, tidak berbasis komputer.

Kusdinar menargetkan tingkat kelulusan ujian nasional tingkat SMP tahun ini tidak ada yang tidak lulus. Seluruhnya diharapkan bisa lulus.

"Para siswa sudah melakukan berbagai persiapan di sekolahnya masing-masing. Jadi kami optimistis seluruh peserta ujian bisa lulus," kata dia.

Pewarta: M.Ali Khumaini
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2015