Saya memang koleksi tanaman di rumah. Saya harap tanaman baru ini bisa menambah varian baru di rumah saya."
Bekasi, 3/5 (Antara) - Pemerintah Kota Bekasi, Jawa Barat, memanfaatkan kegiatan Hari Bebas Kendaraan untuk mensosialisasikan penghijauan dengan membagikan 2.000 bibit pohon secara gratis kepada masyarakat.

"Kami Pemerintah Kota Bekasi menyambut baik segala bentuk kegiatan penghijauan, salah satunya melalui bagi-bagi bibit pohon untuk warga Bekasi saat berlangsungnya Hari Bebas Kendaraan," ujar Wakil Wali Kota Bekasi Ahmad Syaikhu di Bekasi, Minggu.

Menurut dia, kegiatan tersebut dapat terlaksana atas dukungan dari komunitas masyarakat peduli lingkungan, masing-masing Forum Bahagia Peduli, BJP Muara Karang, dan juga didukung Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Barat.

Menurut dia, ketiga pihak itu membantu menyediakan 2.000 bibit pohon yang diangkut dengan menggunakan tiga unit mobil menuju lokasi Hari Bebas Kendaraan Kota Bekasi di Jalan Ahmad Yani, Bekasi Selatan.

"Ini salah satu bentuk upaya kita agar Kota Bekasi lebih hijau dan nyaman," katanya.

Politikus PKS menilai Hari Bebas Kendaraan ini akan menjadi ruang publik yang efektif untuk menyosialisasikan berbagai program kerja pemerintah daerah.

"Selain menyediakan ruang publik, refreshing bersama keluarga, program ini juga mengajak masyarakat peduli lingkungan," katanya.

Bibit pohon yang dibagikan kepada masyarakat itu merupakan jenis tanaman produktif seperti pohon mangga, pohon jambu, dan lainnya.

"Kita pun mengimbau pihak swasta untuk berpartisipasi dalam CSR-nya dalam membuat sejumlah taman dan lubang resapan biopori maupun sumur resapan, dengan begitu kita memperindah lingkungan dan memuliakan tanah," katanya.

Kegiatan itu memperoleh respon positif masyarakat yang langsung menyerbu tenda Pemkot Bekasi dan Radio dakta untuk memperoleh bibit tanaman tersebut.

"Saya memang koleksi tanaman di rumah. Saya harap tanaman baru ini bisa menambah varian baru di rumah saya," katanya.

Pewarta: Andi Firdaus
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2015