Kami berdoa supaya mereka bukan hanya ikut ujian dalam kondisi sehat dan segar, tetapi tetap mengutamakan kejujuran karena kejujuran akan membuat seorang siswa mengerti bagaimana hidup baik di masa depan."
Manado (ANTARA News) - Umat Kristen di Kota Manado, Sulawesi Utara, mendoakan 3.837 siswa SMP/MTs yang akan Ujian Nasional (UN) 2015.

"Doa bersama tersebut dipimpin oleh para pendeta di gereja-gereja dalam ibadah umum pagi, siang dan sore di seluruh wilayah kota," kata Pendeta Joane Bororing Tarandung, STh, dari Gereja Masehi Injili di Minahasa (GMIM) Petra Sario Tumpaan, di Manado, Minggu.

Pendeta Joane mengatakan, umat Kristen di seluruh Manado bahkan Sulawesi Utara berdoa secara khusus untuk para siswa kelas sembilan supaya bisa mengikuti ujian dengan lancar tanpa ada gangguan apapun.

"Umat Kristen juga berdoa kepada Tuhan Yang Maha Kuasa supaya para siswa diberikan kesehatan dan kekuatan sehingga bisa melewati seluruh tahapan ujian nasional ini dengan baik," katanya.

Dia mengatakan, umat Kristen berdoa kiranya para siswa yang ikut ujian tersebut, semuanya akan lulus dan nantinya dapat melanjutkan sekolah ke jenjang yang lebih tinggi.

Menurut dia, gereja punya tanggung jawab untuk mendoakan secara khusus para siswa kelas sembilan SMP supaya berhasil dalam ujian, karena mereka adalah calon pemimpin di masa depan bangsa.

Pendeta Joane mengatakan, selain mendoakan para siswa yang akan ikut ujian pada 4-7 Mei, umat Kristen Manado juga berharap para siswa yang ikut ujian tetap membawa sifat jujur sehingga lulus dengan hasil yang memuaskan.

"Kami berdoa supaya mereka bukan hanya ikut ujian dalam kondisi sehat dan segar, tetapi tetap mengutamakan kejujuran karena kejujuran akan membuat seorang siswa mengerti bagaimana hidup baik di masa depan," katanya.

Umat kristen juga secara khusus mendoakan Dinas Pendidikan dan sekolah-sekolah sebagai penyelenggara UN tingkat SMP/MTs supaya tidak ada kebocoran soal dan dapat melaksanakan UN dengan baik sesuai jadwalnya.

Pewarta: Joyce Bukarakombang
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2015