Jakarta (ANTARA News) - Demi kepentingan Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pilkada) pada 9 Desember 2015, beberapa kementerian menggelar Rapat Koordinasi di Balai Kartini Jalan Gatot Subroto, Jakarta Selatan.

"Rakornas ini dimaksudkan untuk membangun harmonisasi dan sinergi seluruh stakeholders dalam mendukung kelancaran Pilkada serentak," kata Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo di Jakarta, Senin.

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan Tedjo Edhy Purdijatno yang turut hadir di sini juga memberikan pidato sambutan.

Tedjo menyatakan sinergi seluruh pihak berwenang adalah kunci utama menyukseskan Pilkada serentak yang berkualitas akhir tahun ini.

"Ini merupakan titik pijak bersama untuk mengawal penyelenggaraan Pilkada serentak agar berjalan aman, tertib, dan lancar," ujar Tedjo.

Pokok bahasan rakornas adalah hal yang berkaitan dengan kesiapan regulasi pelaksanaan, dukungan anggaran dan personel, ketersediaan data kependudukan, dukungan keamanan dan ketertiban, penanganan dan penyelesaian sengketa pemilihan, serta aspek terkait lainnya.

Selain dihadiri Mendagri dan Menko Polhukam, Rakornas tersebut juga dihadiri Menkumham Yassona Laoly, para gubernur, bupati dan wali kota seluruh Indonesia penyelenggara Pilkada serentak Desember 2015.

Juga hadir pimpinan Komisi II DPR, pimpinan BPK RI, pimpinan Kejaksaan Agung, komisioner KPU dan Bawaslu.



Pewarta: Ricky Prayoga
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2015