Jakarta (ANTARA News) - Mesin pencari Google hari ini menampilkan doodle yang melukiskan penemu piano, Bartolomeo Christofori, yang lahir pada 4 Mei 360 tahun silam atau 1655.

Dianggap sebagai rajanya instrumen musik, piano adalah alat musik utama bagi para jenius musik seperti Frederic Chopin, Ludwig van Beethoven dan banyak komponis besar lainnya.

Dan hari ini Google berusaha memperingati hari ulang tahun ke-360 sang penemu Bartolomeo Christofori lewat doodle terbarunya.

Setelah membuat satu instrumen musik, Cristofori pindah dari sebuah kota di Italia utara, Padua, yang saat itu masuk wilayah Republik Venesia, ke Florence pada 1690 untuk mengabdi kepada keluarga terkenal Medici.

Di sinilah dia menciptakan masterpiece-nya itu.  Membutuhkan waktu 17 tahun bagi dia untuk menciptakan piano seperti dikenal dunia modern sekarang.

Piano awalnya disebut dengan gravicembalo col piano e forte (piano kuno yang dimainkan lembut dan keras) yang menghasilkan berbagai volume suara yang tergantung pada keras atau lembutnya dawai dipukul.

Awalnya instrumen agung karya Cristofori diabaikan di Italia dan tak begitu dikenal sampai kematiannya pada 1731 ketika orang-orang Jerman memopulerkannya lewat berbagai artikel dalam kamus musik, demikian time.com.

 

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2015