Jakarta (ANTARA News) - Mercedes-Benz memperkenalkan generasi keempat dari C-Class Terbaru yang dirakit secara Lokal lewat kehadiran C 200 Avantgrade, C 250 Exclusive dan C 250 AMG.

Menurut President and CEO of Mercedes-Benz Indonesia Dr. Claus Weidner, sejak pertama kali diperkenalkan di Indonesia, Mercedes-Benz C-Class senantiasa menjadi kendaraan yang membawa kesuksesan dan memberikan kontribusi yang signifikan bagi pertumbuhan perusahaan.

"Mobil C-Class baru yang dirakit secara lokal hadir dengan desain yang lebih segar dan sporty, di mana mesinnya merupakan generasi terbaru yang dapat memberikan kekuatan lebih besar namun dengan konsumsi bahan bakar dan tingkat emisi CO2 yang lebih rendah," kata Weidner dalam acara peluncuran, di Jakarta, Senin.

Mercedes-Benz  C-Class berawal dari generasi W201, pertama kali diperkenalkan pada tahun 1982 melalui Mercedes-Benz190 dan kemudian berganti nama menjadi C-Class di tahun 1993 yang merupakan generasi pertama, yakni W202. Selanjutnya lahir generasi kedua W203 pada tahun 2000 dan dilanjutkan dengan peluncuran generasi W204 di tahun 2007.

Kini di tahun 2015, Mercedes-Benz menghadirkan generasi keempat W205 melalui C 200 AVA, C 250 Exclusive dan C 250 AMG yang segera akan tersedia di seluruh dealer resmi Mercedes-Benz di Indonesia.

Memiliki ukuran panjang 4686 mm dan lebar 1810 mm, C 200 Avantgarde, C 250 Exclusive dan C 250 AMG menampilkan karakter dinamis, mewah, elegan, sporty khas C-Class yang tetap membuat kendaraan tersebut bergerak dan melaju dengan tingkat aerodinamis terbaik.

Didukung desain pencahayaan yang canggih dengan lampu LED mobil C 200 Avantgarde dan Intelligent Lighting System pada C 250 AMG serta dilengkapi kisi-kisi sporty dengan simbol bintang yang terkenal di bagian tengahnya.

Sementara C 250 Exclusive memiliki kisi-kisi klasik Mercedes-Benz dengan logo yang tampil sangat elegan di kap mesin. C 250 Exclusive hadir dengan Tilt Sunroof sedangkan C 250 AMG memiliki panel kaca luas (Panoramic Sunroof).

Tampilan roda pada ketiga model kendaraan terbaru ini juga sangat berbeda. Mobil C 200 Avantgarde menggunakan velg berpalang 5 ganda dengan diameter 17 inci dan berbahan campuran logam aluminium, C 250 Exclusive menggunakan velg berpalang banyak dengan diameter 17 inci dan berbahan campuran logam aluminium, sedangkan C 250 AMG menggunakan velg AMG berpalang 5 dengan diameter 18 inci dan berbahan campuran logam aluminium. Selain itu, pada sistem pembuangan C 250 Exclusive dan C 250 AMG terdapat persamaan yaitu dengan dua knalpot kembar krom-trim terintegrasi ke bumper.

Eksterior C 250 AMG menciptakan kesan tangguh yang terlihat dari lekukan, otot serta tampilan khas AMG. Desain menarik C 250 AMG mencakup apron depan, apron belakang, aliran udara khas sporty, kaca atap geser panoramic, panel samping seluruhnya berwarna senada dengan pilihan warna kendaraan yang mencerminkan kemewahan.


Kenyamanan


"Perpaduan antara inovasi mesin yang canggih, fitur teknologi terdepan, kenyamanan, keamanan dan keamanan pada tiga model terbaru ini menjadikan C 200 Avantgarde, C 250 Exclusive dan C 250 AMG sebagai kendaraan dengan fitur lengkap bagi pengendara. Kami yakin dengan menghadirkan generasi terbaru ini dapat memperkuat eksistensi Mercedes-Benz C-Class di Indonesia," kata Dr. Weidner.

Dengan jarak roda 80 mm lebih lebar, C-Class yang baru kini lebih luas dibandingkan generasi pendahulunya. Bagian interior dari C 200 Avantgarde memiliki konsol hitam pada pusat, sementara C 250 Exclusive didominasi dekorasi kayu.

Pada ketiga kendaraan itu ditawarkan fitur kenyamanan canggih seperti KEYLESS-Start tanpa adanya akses tangan dengan fungsi untuk menyalakan kendaraan serta luasnya ruang kaki dan sandaran bahu. Seluruh model C-Class terbaru juga dilengkapi dengan sistem navigasi 3D berintuisi yang terhubung dengan Garmin® MAP PILOT.

Untuk menambah kenyamanan saat berkendara, mobil C 250 Exclusive dan C 250 AMG dilengkapi dengan sistem suara surround Burmester® yang dapat dinikmati oleh pengemudi dan penumpang. Sistem audio ini terdiri dari 13 speaker berperforma tinggi dan pengeras suara DSP 9-saluran dengan total keluaran suara 590 watt dan sistem pengeras suara, yang dikonfigurasi khusus untuk kelas Burmester® "feel-good sound".

Sementara itu, mobil C 200 Avantgarde memiliki Audio 20 CD dengan lima pengeras suara FrontBass® yang mampu menghasilkan keluaran suara 4x25 watt. Seluruh sistem ini dioperasikan melalui touchpad yang terintegrasi dan dapat dihubungkan melalui media interface atau Bluetooth® interface menggunakan fasilitas hands-free dan fasilitas audio streaming.
 

Mesin Generasi Terbaru

Mercedes-Benz C 200 Avantgarde, C 250 Exclusive dan C 250 AMG dilengkapi dengan mesin berbahan bakar bensin 4-silinder dan kapasitas mesin 1991 cc. Untuk C 250 Exclusive dan C 250 AMG mampu menghasilkan 211 hp, sementara C 200 Avantgarde mampu menghasilkan 184 hp, ketiganya pada kekuatan 5500 rpm.  Mobil C 250 AMG dan C 250 Exclusive mempunyai torsi 350 Nm pada kecepatan 1.200-4.000 rpm, sementara C 200 Avantgarde mempunyai torsi 300 Nm pada rpm yang sama. Akselerasi ketiga model ini berjalan tanpa interupsi, penuh kepastian dan percaya diri melalui transmisi otomatis 7G-TRONIC PLUS.

Dengan kecepatan puncak 244 km/jam, C 250 Exclusive dan C 250 AMG mampu melesat 0-100 km/jam dalam waktu 6,8 detik. Sementara itu, kecepatan puncak C 200 Avantgarde adalah 235 km/jam dan mampu melaju 0-100 km/jam dalam waktu 7,3 detik.

Ketiga kendaraan itu dilengkapi ECO start/stop yang memiliki fungsi efisiensi konsumsi bahan bakar dengan secara otomatis mematikan mesin saat dalam mode diam, sebagaimana hal ini terlihat pada konsumsi bahan bakar 5,6–5,3 liter/100 km (dikombinasikan) dan emisi CO2 hanya 131–123 g/km.

Untuk C 250 AMG, dilengkapi dengan suspensi sport AGILITY CONTROL (yang diturunkan 15 mm), konfigurasi ketat dari pegas serta tambahan redaman sehingga memberikan gaya berkendara lebih dinamis dan sporty. Fitur inovasi lain pada C 250 AMG adalah dengan dilengkapi empat kamera pada keempat sisi kendaraan sehingga dapat memudahkan pemantauan kendaraan saat parkir maupun bermanuver.

Sementara itu, ketiga jenis C-Class ini, C 200 Avantgarde, C 250 Exclusive dan C 250 AMG juga dilengkapi berbagai fitur keamanan yang dirancang untuk memberikan perlindungan optimal terpadu dalam empat tahap yaitu pada saat berkendara di jalan, dalam keadaan bahaya, pada saat kecelakaan, dan paska kecelakaan.

Fitur keamanan tersebut antara lain yaitu kantung udara yang merupakan perlengkapan keamanan standar, Collision Prevention Assist Plus (CPA+)/Bantuan Tambahan untuk Mencegah Tabrakan,  Acceleration Skid Control (ASC), Anti-lock Braking System/Sistem Pengereman Antikunci (ABS), ATTENTION ASSIST, Electronic Stability Program/Program Stabilitas Elektronik (ESP®), Brake Assist (BAS), Active Parking Assist, sistem monitoring terhadap tekanan udara ban, dan perlindungan bagian bawah body.
Pewarta:
Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2015