Jakarta (ANTARA News) - Menteri Perindustrian Saleh Husin berupaya mendorong kemajuan Industri Kecil Menengah (IKM) di Kabupaten Parigi Moutong, Sulawesi Tengah, diawalinya dengan kunjungan kerja ke wilayah Indonesia Timur tersebut.

"Adanya rencana pembangunan jalan lingkar luar tol Palu-Parigi, menjadi suatu peluang bagi sektor industri di Kabupatan Parigi Moutong untuk dikembangkan sebagai sentra IKM di sepanjang jalur tersebut," kata Menperin melalui siaran pers di Jakarta, Senin.

Demikian pula dengan keberadaan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Palu, lanjut Menperin, diharapkan kegiatan industri di wilayah ini, khususnya sentra IKM dapat berperan sebagai pemasok bahan antara untuk industri hilir di dalam KEK Palu.

"Harapan kami bahwa IKM di Kabupaten Parigi Moutong dapat tumbuh dengan memanfaatkan peluang dari pembangunan infrastruktur dan pengembangan KEK di Palu," ujarnya.

Menperin meyakini bahwa IKM dapat menjadi penggerak perekonomian daerah terutama untuk masyarakat golongan menengah ke bawah.

Beberapa indikator ekonomi nasional terlihat adanya ketimpangan kontribusi dari Papua, Maluku, Nusa Tenggara, dan Sulawesi terhadap perekonomian nasional.

Bahkan nilai tambah sektor industri non-migas nasional di kawasan timur Indonesia masih relatif sangat kecil sekitar 2,78 persen, dibandingkan kontribusi dari pulau Jawa sebesar 72,78 persen serta Sumatra dan Kalimantan sebesar 24,44 persen.

Oleh karena itu, arah kebijakan yang diambil oleh Kementerian Perindustrian dalam upaya percepatan penyebaran dan pemerataan pembangunan industri di luar pulau Jawa, dilaksanakan melalui pembangunan perwilayahan industri.

Selainitu, penumbuhan populasi industri dengan target penambahan sebanyak 9 ribu usaha industri berskala besar dan sedang dimana 50 persennya tumbuh di luar Jawa, serta penambahan sebanyak 20 ribu unit industri kecil. Sejalan dengan itu, dilakukan juga peningkatan daya saing dan produktivitas, khususnya peningkatan nilai ekspor dan nilai tambah per tenaga kerja.

“Pemerintah berharap dengan terbangunnya tujuh kawasan industri baru dan 11 sentra IKM di Kawasan Timur Indonesia akan berdampak pada terserapnya tenaga kerja sebanyak 600.000 tenaga kerja dan masuknya investasi sebesar Rp155 triliun,” tegas Menperin.

Kunjungan kerja Menperin tersebut dalam rangka mendorong percepatan penyebaran dan pemerataan pembangunan industri ke seluruh wilayah Indonesia, khususnya ke luar pulau Jawa.

Menperin didampingi Direktur IKM Wilayah III Kemenperin Endang Suwartini dan Direktur Pengembangan Fasilitasi Industri Wilayah II Kemenperin Budhi Setyanto menyempatkan untuk berdialog dengan para pelaku IKM serta meninjau IKM pengolahan ikan dan rumput laut di Parigi Moutong.

Pewarta: Sella Panduarsa Gareta
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2015