Jakarta (ANTARA News) - Komite Olimpiade Indonesia (KOI) berharap Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi hadir dalam rapat Dewan Olimpiade Asia (OCA) di Teheran, Iran, 21 Mei, terkait laporan perkembangan sebagai tuan rumah Asian Games 2018.

"Kami ke sini (Kemenpora) untuk melaporkan perkembangan Asian Games. Pada pertemuan tadi kami meminta Pak Menpora untuk hadir pada rapat progres report di Teheran," kata Ketua KOI Rita Subowo di Kantor Kemenpora, Jakarta, Senin.

Pada rapat pertama tersebut, kata Rita, akan dipaparkan semua perkembangan terkait dengan persiapan Indonesia sebagai tuan rumah kejuaraan empat tahunan itu. Apalagi keputusan presiden (keppres) Asian Games 2018 segera turun.

Rita menjelaskan, dalam pertemuan dengan Menpora Imam Nahrawi juga dibahas masalah persiapan atlet yang akan diturunkan pada Asian Games 2018. Hal ini dilakukan karena waktu pelaksanaan kejuaraan terbesar di Asia itu tinggal tiga tahun.

"Menpora ingin kita segera fokus ke cabang olahraga dan nomor yang berpeluang untuk meraih mendali. Ini untuk mengontrol peringkat kita. Ini butuh waktu cepat," ujarnya, menambahkan.

Demi persiapan yang maksimal, kata dia, pihaknya akan segera melakukan koordinasi dengan semua pihak, termasuk dengan Satuan Pelaksana Program Indonesia Emas (Satlak Prima) serta Kemenpora.

"Untuk menyiapkan atlet butuh latihan yang dintensif. Tidak mungkin terus latihan didalam negeri. Atlet juga harus latihan diluar negeri," ucap Rita, menegaskan.

Khusus untuk latihan cabang olahraga di luar negeri, kata dia, pihaknya juga sudah menyiapkan yang salah satunya ke Beijing, Tiongkok. Tidak hanya itu, pihaknya juga telah melakukan komunikasi dengan negara lainnya.

"Selain berlatih, para atlet juga akan ikut kompetisi di sana. Kami berharap nantinya bisa maksimal," imbuh mantan Ketua Umum KONI Pusat itu.

Pewarta: Bayu K
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2015