Intinya, kedatangan menteri adalah untuk mendorong pihak daerah untuk lebih siap ..."
Pekanbaru (ANTARA News) - Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar dijadwalkan berkunjung ke Provinsi Riau, Selasa 5 Mei, untuk meninjau persiapan daerah menghadapi potensi kebakaran hutan dan lahan (karhutla) yang diprediksi terjadi pada musim kemarau pertengahan tahun 2015.

"Benar, Menteri Lingkungan Hidup akan melakukan kunjungan kerja ke Riau terkait persiapan pencegahan Karhutla," kata Kepala Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Provinsi Riau Kemal Amas ketika dihubungi ANTARA News di Pekanbaru, Senin.

Kemal mengatakan, Menteri Siti Nurbaya akan mengunjungi Riau setelah pada hari yang sama juga melakukan kunjungan ke Gunung Sinabung, Sumatera Utara.

Siti Nurbaya, dikemukakannya, akan menginap semalam di Pekanbaru, dan memimpin rapat persiapan pencegahan karhutla bersama pemerintah daerah dan para pemangku kebijakan.

"Intinya, kedatangan menteri adalah untuk mendorong pihak daerah untuk lebih siap, dan mengoordinasikan semua pihak, baik instansi pusat maupun daerah supaya menyiapkan dan berperan sesuai tupoksinya masing-masing," katanya.

Siti Nurbaya setelah dipercaya menjabat Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan sering berkunjung ke Riau, khususnya untuk membahas penanggulangan kebakaran lahan dan hutan yang sudah 17 tahun terakhir mendera Riau.

Pada Februari 2015, Siti Nurbaya juga ikut menyaksikan peluncuran Rencana Aksi Pencegahan Kebakaran Hutan dan Lahan Riau.

Bahkan, ia juga mendorong agar Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman menetapkan status "Siaga Darurat" kebakaran lahan dan hutan saat sejumlah daerah di pesisir Riau mengalami kebakaran hebat pada awal tahun ini.

Kedatangan Menteri LHK kali ini kemungkinan besar terkait dengan lambannya Plt Gubernur Riau untuk memperpanjang masa status siaga darurat yang habis pada 31 Maret 2015.

Pewarta: FB Anggoro
Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2015