Diharapkan setidaknya 100 orang akan mengikuti proses seleksi nanti"
Jakarta (ANTARA News) - Panitia Seleksi Calon Anggota Komisi Yudisial baru menerima dua pendaftar calon pengawas eksternal hakim periode 2015-2020.

"Dalam dua hari kerja dari 15 hari masa pendaftaran, Panitia Seleksi Calon Anggota Komisi Yudisial baru menerima dua berkas pendaftaran," kata Anggota Pansel Asep Rahmat Fajar di Jakarta, Senin.

Namun Asep optimis jumlah pendaftar akan semakin banyak mendekati berakhirnya masa pendaftaran akan semakin banyak peminat.

"Diharapkan setidaknya 100 orang akan mengikuti proses seleksi nanti," kata mantan Juru Bicara KY ini.

Asep mengungkapkan bahwa Pansel tidak hanya menunggu tapi juga "jemput bola" dengan mengirimkan surat ke instansi pengadilan, penegak hukum, dan perguruan tinggi untuk menjaring pendaftar.

Dia menjelaskan bahwa para pendaftar ini nantinya akan menjalani di antaranya seleksi administrasi, kualitas, dan integritas, termasuk di dalamnya tes profile assessment dan kesehatan.

Panitia Seleksi Calon Anggota Komisi Yudisial akan memilih 14 orang calon anggota Komisi Yudisial yang akan disampaikan pada presiden.

Selanjutnya presiden menyampaikan 14 calon itu kepada DPR untuk dipilih tujuh anggota Komisi Yudisial periode 2015-2020.

Pewarta: Joko Susilo
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2015