Banda Aceh (ANTARA News) - Gubernur Aceh Zaini Abdullah menyatakan Pemerintah Aceh memprioritaskan pembangunan ruas jalan di wilayah tengah.

"Pembangunan ruas jalan wilayah tengah ini menjadi prioritas kami. Pembangunan ruas jalan di wilayah tengah ini untuk membuka isolasi daerah," kata Gubernur Aceh Zaini Abdullah di Banda Aceh, Senin.

Pernyataan tersebut dikemukakan Gubernur Aceh Zaini Abdullah dalam jamuan makan malam Komisi V DPR RI. Kunjungan Komisi V DPR RI ke Aceh dipimpin ketuanya Fary Djemy Francis.

Gubernur mengatakan, jika pembangunan ruas jalan di wilayah tengah Aceh selesai, maka akan menghubungkannya dengan pesisir barat dan timur Aceh.

Sementara, ruas jalan di pesisir barat dan timur Aceh sudah cukup baik. Jika ruas jalan wilayah tengah selesai, maka akan mempercepat waktu tempuh antara pesisir barat dan timur Aceh.

"Ruas jalan wilayah tengah menjadi prioritas karena Aceh sedang membangun kawasan pertanian di kawasan tengah Aceh, yang meliputi sejumlah kabupaten," ungkap Zaini Abdullah.

Selama ini, sebut dia, wilayah tengah merupakan sentra pertanian di Provinsi Aceh. Dengan selesaikan ruas jalan di kawasan tengah, maka distribusi hasil pertanian ke wilayah pesisir menjadi cepat.

"Jika pembangunan ruas jalan wilayah tengah selesai, maka hasil pertanian masyarakat di kawasan itu bisa dipasarkan ke daerah pesisir dalam kondisi segar. Dan tentunya harganya lebih tinggi," kata Gubernur.

Selain membangun jalan, Gubernur Aceh mengatakan pihaknya juga memprioritaskan pembangunan rumah masyarakat sederhana. Sebab, banyak masyarakat Aceh membutuhkan tempat tinggal layak.

"Karena itu, kami mengharapkan dukungan dari Komisi V DPR RI membantu Aceh membangun rumah sederhana bagi masyarakat yang membutuhkannya," kata Zaini Abdullah.

Ketua Komisi V DPR RI Fary Djemy Francis mengatakan, pihaknya akan membantu Aceh merealisasikan program prioritas pembangunan. Hal ini untuk mewujudkan kesejahteraan rakyat.

Selain itu, kata dia, kunjungan komisi yang dipimpinnya untuk melihat langsung progres pembangunan yang dilaksanakan mitra kerja Komisi V DPR RI. Seperti mitra kerja bidang perhubungan, pekerjaan umum dan sebagainya.

"Selain ke Aceh, Komisi V DPR RI juga berkunjung ke provinsi lainnya. Dan kami berharap dalam kunjungan ke Aceh ini, kami mendapat masukan terkait program kerja yang dibidangi Komisi V," kata Fary Djemy Francis.

Pewarta: M Haris SA
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2015