Hal ini dikarenakan sektor industri yang lebih cepat mendapatkan hasil dibandingkan dengan mengolah lahan persawahan,"
Jakarta (ANTARA News) - Panglima TNI Jenderal TNI Moeldoko melakukan pertemuan dengan Direktur Utama Badan Urusan Logistik Leni Sugihat di Mabes TNI, Cilangkap, Selasa, yang membahas persoalan ketahanan pangan nasional.

Dalam pertemuan itu, Panglima TNI didampingi Aster Panglima TNI Mayjen TNI Ngakan Gede Sugiarta, Kapuspen TNI Mayjen TNI M Fuad Basya dan Waasintel Panglima TNI Brigjen TNI Joni Supriyanto.

Dirut Bulog Leni Sugihat, menyampaikan masalah ketahanan pangan saat ini disebabkan oleh banyak berkurangnya lahan-lahan persawahan, sehingga masyarakat petani banyak yang beralih bekerja di sektor industri.

"Hal ini dikarenakan sektor industri yang lebih cepat mendapatkan hasil dibandingkan dengan mengolah lahan persawahan," katanya.

Dirut Bulog pun meminta dukungan Panglima TNI Jenderal TNI Moeldoko untuk dapat bekerja sama dalam meningkatkan ketahanan pangan khususnya beras. Demikian juga kerja sama satuan-satuan TNI di daerah untuk dukungan kelancaran pendistribusian beras raskin.

Panglima TNI menyambut baik dan menanggapi positif penyampaian Dirut Bulog, dan pada prinsipnya TNI siap untuk membantu pemerintah maupun institusi lainnya dalam meningkatkan kesejahteraan rakyat.

TNI, kata Moeldoko, mendukung sepenuhnya pendistribusian beras miskin dalam mewujudkan ketersediaan pangan dan pemenuhan konsumsi pangan yang cukup sesuai yang diamanatkan UURI Nomor 18 tahun 2012 tentang Pangan.

"TNI senantiasa mendukung ketersediaan dan kepastian kedaulatan pangan yang telah ditetapkan oleh pemerintah khususnya dalam membantu peningkatan pangan masyarakat di perbatasan, daerah terpencil, dan pulau-pulau terdepan Negara Kesatuan Republik Indonesia," kata Panglima TNI.

Suatu konsep pemikiran memang diperlukan tetapi tindak lanjutnya adalah sebuah keharusan. Bagi TNI tidak perlu terlalu banyak berdiskusi atau seminar, tetapi begitu memahami atas persoalan ketahanan pangan dan swasembada pangan, TNI tidak pernah mengalkulasi berapa tenaga yang diberikan, kapanpun TNI diminta akan siap, tegas Panglima TNI.

Hasil pembicaraan Dirut Bulog dengan Panglima TNI, menyimpulkan bahwa stok beras nasional sampai saat ini masih dalam keadaan aman.

Pewarta: Syaiful Hakim
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2015