Makassar (ANTARA News) - PSM Makassar tidak memberikan izin untuk Muchlis Hadi Ning dan Agung Prasetyo bergabung dalam timnas Indonesia U-23 yang akan diproyesikan tampil di ajang SEA Games 2015 di Singapura.

Pelatih Kepala PSM, Hans Peter Schaller di Makassar, Selasa, mengatakan alasan tidak memberikan izin karena kondisi dan situasi sepak bola di Indonesia yang masih belum jelas. Selain itu, kata dia, agenda SEA Games 2015 juga tidak masuk dalam agenda federasi sepak bola dunia (FIFA).

Pelatih asal Austria itu juga beralasan keberadaan kedua pemain juga masih dibutuhkan demi menjaga kesolidan dan kekompakan tim seusai penghentian kompetisi Indonesia Super League (ISL) atau QNB League musim 2015 oleh PSSI.

"Kondisi sepak bola Indonesia saat ini belum jelas. SEA Games juga tidak masuk kalender FIFA sehingga menurut saya keduanya lebih baik tinggal bersama tim," katanya.

Kehadiran seluruh pemain dalam kondisi kompetisi yang tidak jelas kelanjutannya ini memang dibutuhkan. Ini juga sebagai upaya menjaga kekompakan tim sehingga bisa tetap fokus dalam persiapan.

Manajemen PSM juga mengakui telah menyerahkan keputusan izin dua pemain itu ke pelatih. Artinya ikut atau tidaknya dua pemain muda PSM ini bergabung dalam timnas menjadi hak dari pelatih untuk menentukan.

Muchlis Hadi Ning dan Agung Prasetyo merupakan dua diantaranya 24 pemain yang dipanggil mengikuti pemusatan latihan tahap ke keempat atau terakhir untuk ajang SEA Games 2015, Singapura. TC timnas U-23 ini digelar di Lapangan Football Plus Arena, Bandung, Jawa Barat, mulai 7 Mei 2015.

Dari 24 pemain yang dipanggil rencananya hanya 20 yang akan dibawa pelatih Aji Santoso ke SEA Games 2015, Singapura. Garuda Muda diperkirakan berangkat ke Singapura tanggal 27 atau 28 Mei mendatang.

Sementara itu, tim PSM Makassar juga kembali menggelar latihan setelah diliburkan terkait keputusan PSSI menghentikan kompetisi Indonesia Super League (ISL) atau QNB League di Lapangan Karebosi Makassar, Sulsel, hari ini.

Asisten Pelatih PSM, Assegaf Razak, mengatakan keputusan untuk kembali menggelar latihan dikarenakan rekomendasi dan petunjuk dari Manajemen PSM sebagai persiapan jika kompetisi pada akhirnya kembali bergulir.

Dalam latihan tersebut, juga tetap diikuti seluruh pemain termasuk dua pemain asing PSM yakni

Nemanja Vucicevic dan Boman Aime. Bahkan salah satu pemain asing yang mengikuti seleksi yakni Raul Carlos juga hadir pada latihan yang dimulai sekitar pukul 09.00 Wita itu.

"Manajemen telah menginstruksikan tim kembali menggelar latihan sebagai antisipasi ISL kembali digulirkan," ujarnya.

Pewarta: Abd Kadir
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2015