Singapura (ANTARA News) - Pemain asal Kolombia Mauricio Molina menyarangkan gol penentu kemenangan menjelang pertandingan usai, ketika FC Seoul menang dramatis 3-2 di markas Kashima Antlers untuk melaju ke fase gugur Liga Champions AFC pada Selasa.

Kemenangan Seoul juga mengakhiri peluang Western Sydney Wanderers untuk mempertahankan gelar meski klub Australia itu menang 2-0 di markas pemuncak klasemen Grup H Guangzhou Evergrande.

Klub Tiongkok itu finis dengan sepuluh angka, sedangkan Seoul dengan sembilan angka ketika finalis 2013 itu melaju ke putaran 16 besar.

Menghadapi pertandingan ini dengan situasi kedua tim sama-sama mengumpulkan enam angka, Shuhei Akasaki membawa Kashima unggul pada menit kedelapan sebelum Lee Woong Hee dan Osmar Barba membawa tim tamu balik memimpin.

Tuan rumah menyamakan kedudukan melalui kapten Gaku Shibasaki pada menit ke-79, dan pertandingan terlihat akan berakhir imbang, yang akan membuat Western Sydney melaju, namun gol yang dibukukan pemain pengganti Molina pada menit pertama masa tambahan waktu mengunci kemenangan bagi tim asal Korea Selatan (Korsel).

Mark Bridge dan Tomi Juric mencetak gol pada masing-masing babak untuk sang juara bertahan atas sang juara Tiongkok dalam kondisi hujan, namun mereka hanya dapat menduduki peringkat ketiga dengan delapan angka.

Di Grup G, tim Korsel Suwon Samsung Bluewings gagal mengonversi peluang-peluang mereka saat bermain imbang 1-1 dengan tim Tiongkok Beijing Guoan, namun kedua tim melaju ke fase gugur.

Kedua tim menyelesaikan fase grup dengan 11 angka di Grup G dengan selisih gol yang sama, namun Beijing mengamankan peringkat teratas setelah memenangi pertandingan kandang mereka dengan skor 1-0.

Beijing membuka keunggulan pada menit ke-24 melalui penyerang asal Montenegro Dejan Damjanovic, namun tim tuan rumah meresponnya semenit kemudian dengan gol penyama kedudukan dari gelandang Brazil Leo.

Leo memiliki peluang untuk membawa timnya unggul namun tembakannya membentur bagian dalam tiang gawang, dan sepakan pemain Brazil lainnya Kaio mengenai tiang dekat saat menyambar bola pantul.

Pada pertandingan lain di Grup G, pemuncak klasemen Liga Jepang Urawa Reds Diamonds mendulang kemenangan pertamanya, saat menang 2-1 atas tuan rumah Brisbane Roar asal Australia, yang setidaknya memerlukan kemenangan untuk menjaga peluang.

Klub Australia itu finis dengan tujuh angka, sedangkan wakil Jepang menduduki posisi juru kunci dengan empat angka.

(Uu.H-RF/I015)

Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2015