Saya ingin mengisi industri ini dengan orang-orang yang bersih. Mereka adalah orang yang mau berperan memperbaiki industri ini."
Jakarta (ANTARA News) - Menteri ESDM Sudirman Said mengungkapkan, I Gusti Nyoman Wiratmadja Puja akan menjabat Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi Kementerian ESDM.

"Saya ingin mengisi industri ini dengan orang-orang yang bersih. Mereka adalah orang yang mau berperan memperbaiki industri ini," katanya saat acara "Tatap Muka Menteri ESDM Dengan Kontraktor" di kantor Satuan Kerja Khusus Pelaksana Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) Jakarta, Selasa malam.

Wiratmadja yang saat ini menjabat Pelaksana Tugas Dirjen Migas, akan dilantik Menteri ESDM Sudirman Said pada Kamis (7/5).

Ia terpilih melalui seleksi jabatan secara terbuka yang digelar Kementerian ESDM.

Selain Wiratmadja, dua calon Dirjen Migas yang masuk tahap akhir seleksi adalah mantan Pelaksana Tugas Dirut PT Pertamina (Persero) M Husen dan Dirut PT Pertagas Niaga Jugi Prajogio.

Ketiga calon itulah yang dipilih salah satunya oleh Tim Penilai Akhir dan diketuai Presiden Joko Widodo.

Selain Dirjen Migas, Kementerian ESDM juga menyeleksi secara terbuka jabatan empat eselon satu yakni Dirjen Ketenagalistrikan, Dirjen Minerba, Dirjen Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi, dan Sekretaris Dewan Energi Nasional.

Wiratmaja Puja menjabat sebagai Pelaksana Tugas Ditjen Migas sejak Januari 2015 menggantikan pejabat sebelumnya yaitu Naryanto Wargimin.

Ia merupakan guru besar Institut Teknologi Bandung.

Setelah menyelesaikan strata satu kesarjanaan pada 1987 di ITB sebagai lulusan terbaik kedua, pada 1994, ia meraih gelar strata dua di universitas yang sama.

Dua tahun kemudian (1996), Wiratmaja memperoleh gelar Doktor dari University of Kentucky, AS.

Pada kesempatan itu, Sudirman juga mengatakan, pihaknya akan menarik pegiat ketenagalistrikan, Tri Mumpuni untuk membantu Kementerian ESDM.

Selain itu, Menteri ESDM juga akan membentuk Komite Eksplorasi Nasional sesuai dengan usulan Indonesian Petroleum Association (IPA).

Sudirman mengatakan yang akan menjadi Ketua Komite Eksplorasi Nasional adalah Andang Bachtiar.

Ia berharap, komite bisa meningkatkan investasi eksplorasi.

Pewarta: Aubrey Kandelila Fanani
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2015