Cilegon (ANTARA News) - Puluhan petugas Balai Karantina Pertanian (BKP) Kelas II Cilegon menggelar razia simpatik "Operasi Patuh Karantina" untuk melindungi perdagangan hewan langka antardaerah.

"Kami melakukan razia itu dengan cara menghentikan truk yang akan menyeberang ke Bakauheni maupun sebaliknya dari Bakauheni ke Pelabuhan Merak," kata Kepala BKP Kelas II Kota Cilegon Bambang Haryanto saat dihubungi, Selasa.

Ia mengatakan, razia "Operasi Patuh Karantina" untuk mencegah penyelundupan hewan dan tumbuh tumbuhan yang dilindungi pemerintah.

Saat ini, lintas Pelabuhan Merak rawan dijadikan tempat transit perdagangan hewan dan tumbuhan langka.

Untuk itu, petugas melakukan razia di jalur Cikuasa Atas Cilegon dan setiap truk dilakukan pemeriksaan barang-barang bawannya.

Sebab banyak penyelendupan hewan dan tumbuh-tumbuhan mengelabui petugas dengan cara menyimpan disatukan barang-barang bawaannya.

"Kami belum lama ini juga mengamankan ribuan burung ilegal yang rencana dikirim ke Jakarta," katanya.

Menurut dia, pihaknya akan rutin dilakukan razia untuk mengantisipasi penyelendupan hewan dan tumbuhan dari Pulau Sumatera maupun Pulau Jawa yang tidak dilengkapi dokumen resmi.

Pemerintah wajib melindungi hewan dan tumbuhan yang langka dan masuk apendik I agar tidak menjadikan kepunahan.

"Kami akan memproses secara hukum jika ditemukan pelanggaran penyelendupan hewan langka, seperti harimau Sumatera," katanya.

Pewarta: Mansyur
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2015