Parepare, Sulawesi Selatan (ANTARA News) - Wakil Ketua DPR RI Fahri Hamzah optimistis daerah-daerah di Indonesia siap menjelang pasar bebas Asean Masyarakat Ekonomi Asean (MEA). 

"Setiap kota sekarang ini muncul pemimpin-pemimpin dan kader-kader yang pintar," ujar Fahri di Parepare, Rabu. 

Para pemimpin yang cerdas diharap dapat membuahkan kesuksesan daerah dalam menghadapi MEA. Saat ini, lanjutnya, kota-kota di Indonesia sedang membenahi diri jelang persaingan bebas dengan negara-negara di Asia Tenggara. 

Dia mengatakan pihaknya terus melakukan upaya yang mendorong agar pemerintah daerah mampu mempersiapkan diri menuju persaingan global. 

"Kita harus terus mempersiapkan daerah supaya siap, supaya beban di dalam pertarungan dan persaingan ke depan itu tidak saja ditanggung oleh pemerintah pusat, tapi ditanggung oleh seluruh rakyat Indonesia, ditanggung oleh seluruh pemerintah daerah juga," papar dia. 

Salah satu daerah yang mulai mempersiapkan diri adalah Parepare di Sulawesi Selatan. Sebelumnya, Wali Kota Parepare Taufan Pawe mengungkapkan visinya membuat kota tersebut menjadi kota metropolis seperti Jakarta kelak. 

Salah satu upayanya adalah mengangkat nama Parepare dengan cara memantapkan BJ Habibie sebagai ikon kota, seperti membangun Institut Teknologi Habibie dan Monumen Cinta Habibie Ainun. 

Pewarta: Nanien Yuniar
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2015