Messi pemain yang sulit dibendung. Dalam hal ini, anda tidak dapat menghentkan dia. Tidak ada pemain yang mampu menghentikan dia...Anda hanya harus coba membatasi ruang gerak dia
Barcelona (ANTARA News) - Pep Guardiola kembali ke Nou Camp untuk kali pertama sebagai pemuka Bayern Muenchen ketika menghadapi Barcelona di laga pertama semifinal Liga Champions, yang digelar pada Rabu malam atau Kamis dini hari, pukul 01.45 WIB.

Guardiola menggenggam seonggok prestasi sebagai pelatih yang telah menyabet 14 gelar, mencakup dua gelar Liga Champions. Empat tahun bertabur kejayaan dan kemuliaan. Mantan gelandang Barcelona itu membesut Bayern Muenchen menghadapi skuat berjuluk "Blaugrana" dalam laga Liga Champions yang digelar di Stadion Nou Camp. Laga itu akan disiarkan secara langsung oleh SCTV.

Guardiola membawa Muenchen menjadi juara Bundesliga musim kompetisi 2014/15. Ia berhadapan dengan Luis Enrique sebagai mantan sejawatnya ketika mereka masih membela Barcelona sebagai pemain.

Sama-sama bergelimang sukses demi sukses dialami Guardiola dan Enrique. Barca kini bertengger di posisi puncak klasemen La Liga dan hendak melengkapi capaian prestasi di ajang kompetisi Liga Champions.

Penampilan Barca sedang oke. Lionel Messi dan kawan-kawan mengaramkan Getafe 6-0 dan melipat Cordoba 8-0 dalam laga pekan lalu. Sukses manis juga dikecap oleh Bayern ketika menekuk Bayern Leverkusen 2-0.

Menurut Enrique, tim asuhannya tidak diguncang badai cedera pemain. Hanya saja kesiapan kondisi fisik Jordi Alba mengundang tanda tanya. Full-bek Catalan ini tidak ikut berlatih karena masih harus menjalani masa pemulihan dari cedera. Tempatnya bakal diisi oleh Jeremy Mathieu.

Di kubu Muenchen, David Alaba masih absen, begitu pula dengan Holger Badstuber. Daftar pemain absen bertambah manakala sejumlah pemain andalan FC Hollywood masih dibekap cedera, yakni Sebastian Rode, Arjen Robben dan Franck Ribery. Sementara Robert Lewandowski siap tampil.

Juara Bundesliga itu menghadapi krisis. Pertanyaannya, bagaimana Guardiola menyelesaikan pekerjaan rumah ini  dengan menemukan solusi mujarab? Ini jelas mendesak lantaran lawan yang dihadapi tim sekelas Barcelona yang memiliki dan mengandalkan agresivitas ketika menggelontorkan serangan.

Di bawah mistar, Manuel Neuer masih diandalkan, hanya saja apakah ia cukup kokoh menahan laju serangan demi serangan dari trio MSN (Messi, Suarez, Neymar). Akankah Guardiola masih memasang tiga pemain di lini pertahanan? Rafinha atau Xabi Alonso dapat beroperasi sebagai bek tengah menguatkan posisi yang ditempati Jerome Boateng dan Mehdi Benatia.

Jika Philip Lahm mulai beroperasi dari sayap kanan, maka Juan Bernat di sayap kiri. Atau Pep akan lebih memperkokoh lini pertahanan. Pertanyaan berikutnya, apakah Lahm akan berperan sebagai gelandang?

Lewandowski akan dimainkan dan didukung Thomas Mueller dan Mario Goetze. Nama yang terakhir ini mampu berperan sebagai "false nine". Dan jawaban dari segala tanya itu, Pep dapat keluar dengan formula yang tidak terduga sama sekali karena ia mengetahui bahwa "segala sesuatunya dapat saja terjadi dalam sepak bola".

Komentar dua pelatih:

* Luis Enrique (Barcelona):
"Laga ini sungguh tidak ringan, tetapi saya memandang secara positif. Saya tahu Pep dan saya tahu dan paham bahwa segala sesuatunya dapat saja terjadi. Ketika kami berlaga di La Liga, kondisi dan tantangannya berbeda."

"Saya merasa bahwa Bayern di bawah asuhan Guardiola punya gaya tersendiri. Ia mampu menerapkan taktik yang pas dengan racikan tepat. Mereka tampil sebagai salah satu tim terbaik di Eropa. Kami tidak berpikir mengalahkan Pep, kami hanya ingin mengalahkan Beyern, salah satu klub ternama di Eropa."

"Kuncinya, bertahan dan menyerang. Kami harus mencetak gol dan tidak kebobolan. Ini tidak hanya melulu soal pemain depan dan pemain bertahan. Kami sudah mengurus kedua soal ini. Dukungan penonton sungguh diharapkan bagi penampilan tim. Di sini Bayern bakal menghadpai banyak masalah."

"Pep tahu apa yang perlu dia kerjakan. Kami sama-sama mengandalkan penguasaan bola. Pertandingan ini menjadi salah satu yang menarik di Eropa. Kami (Guardiola dan saya) sepakat bertemua di Berlin (di ajang final), meski hal ini bisa saja tidak terjadi. Menyenangkan bagi para pemain bersua kembali dengan Pep, meski mereka merasa bahwa pertandingan ini lebih penting."

* Josep Guardiola (Bayern Muenchen):
"Sungguh luar biasa kembali ke sini. Saya punya banyak kenangan. Tentunya, sangat istimewa bagi saya menghadapi klub yang pernah saya tangani selama bertahun-tahun. Sekarang saya bersama dengan Bayern. Ini pekerjaan yang harus saya lakukan dan selesaikan sebaik mungkin. Ini semi-final Liga Champions dari dua tim terbaik di Eropa. Pertandingan bakal berlangsung tidak mudah."

"Saya berada di sini untuk empat tahun. Saya berada di sini bukan untuk sekedar ada tetapi bekerja. Sulit menemukan kelemahan di Barcelona. Kami akan coba memaksimalkan kekuatan dan menemukan kelemahan mereka. Para pemain telah berada dan berlatih bersama cukup lama dan saling menjalin pengertian yang baik."

"Barcelona tahu banyak mengenai saya ketimbang saya tahu mengenai mereka. Mereka dihuni sejumlah pemain bertalenta. Mereka tahu bagaimana saya berpikir meski mereka tidak tahu apa yang dipikirkan para pemain saya. Dengan begitu, saya coba menghadirkan kejutan bagi mereka."

"Jika kami mengeluh soal kendala cedera pemain, kami tidak akan meraih gelar di ajang Bundesliga, dan tidak akan mencapai semi-final Piala Jerman. Saya tidak akan pernah mengeluhkan soal ini."

"Messi pemain yang sulit dibendung. Dalam hal ini, anda tidak dapat menghentkan dia. Tidak ada pemain yang mampu menghentikan dia. Ia pemain serba lengkap. Anda hanya harus coba membatasi ruang gerak dia, menghentikan arus bola yang mengalir dan mengarah ke dia. Saya hanya memerlukan bahwa para pemain saya tampil seratus persen."

Prakiraan susunan pemain:

* Barcelona (4-3-3):
Ter Stegen (penjaga gawang), Alba, Mascherano, Pique, Alves, Iniesta, Busquets, Rakitic, Neymar, Suarez, Messi
Pemain cadangan:
Bravo, Pedro, Rafinha, Adriano, Nartra, Xavi, Sergi, Roberto
Absen: Mathieu

* Bayern Muenchen (4-2-2-2):
Neuer (penjaga gawang), Rafinha, Benatia, Boateng, Bernat, Xabi Alonso, Schweinsteiger, Lahm, Thiago, Mueller, Lewandowski
Pemain cadangan:
Reina, Pizarro, Goetze, Martinez, Dante, Gaudino, Weiser
Pemain absen: Alaba, Badstuber, Ribery, Robben, Rode, Starke (cedera)

Data dan fakta:   
* Bayern akan melakoni laga keempat mereka di ajang semi-final Liga Champions. Hanya ada dua tim yang mampu menyaingi mereka dalam sejarah Liga Champions, yakni Barcelona (enam kali dari 2008-2013) dan Real Madrid (lima kali dari 2011 sampai sekarang).
* Bayern meraih tiga kemenangan dari empat laga tandang (sekali kalah) ke Nou Camp di kompetisi Eropa.  
* Bayern Muenchen mengalahkan Barcelona pada semifinal Liga Champions musim 2012/13.
* Barcelona meraih delapan kali kemenangan secara berturut-turut di ajang Liga Champions untuk kali pertama sejak 2002/03 (sembilan kemenangan).  
* Rata-rata penguasaan bola kedua tim selama berlaga di Liga Champions: Bayern Muenchen (66,1 persen), Barcelona (63,9 persen).
* Thomas Mueller telah mengemas 27 gol di ajang Liga Champions (dalam 66 pertandingan). Ia kini menjadi pemain asal Jerman yang mencetak gol terbanyak dalam sejarah Liga Champions.
* Lionel Messi berperan krusial dalam tiga dari lima gol bagi Barcelona ketika melawan Bayern di Liga Champions (dua gol, satu assist)  

 Lima laga terakhir:
(W: menang; L: kalah; D:imbang)

* Barcelona: W W W W W

2/5/15 Córdoba 0 - 8  Barcelona
28/4/15 Barcelona 6 - 0  Getafe
25/4/15 Deportiu Espanyol 0 - 2 Barcelona
21/4/15 Barcelona 2 - 0 Paris Saint-Germain
18/4/15 Barcelona 2 - 0 Valencia

* Bayern Muenchen: L L W W W

2/5/15 Bayer 04 Leverkusen 2 - 0 Bayern Muenchen
28/4/15 Bayern Muenchen 1 - 1 Borussia 09 Dortmund
25/4/15 Bayern Muenchen 1 - 0 Hertha
21/4/15 Bayern Muenchen 6 - 1 Porto
18/4/15 Hoffenheim 0 - 2 Bayern Muenchen

Head To Head:
 
24/7/13  Bayern Muenchen 2 - 0 Barcelona
1/5/13  Barcelona 0 - 3 Bayern Muenchen
23/4/13 Bayern Muenchen 4 - 0 Barcelona
27/7/11 Bayern Muenchen 0 - 2 Barcelona
14/4/09 Bayern Muenchen1 - 1 Barcelona

Prediksi hasil laga (Goal.com):
* Barcelona 3 - 1 Bayern Muenchen (12 persen)
* Barcelona 2 - 0 Bayern Muenchen (11 persen)
* Barcelona 2 - 1 Bayern Muenchen (9 persen)
 
Prediksi jalannya laga:

* Barcelona tak terbendung dalam koleksi mencetak gol. Blaugrana telah menjaringkan 14 gol dari 2 laga. Catatan ini tentu saja perlu dikalkulasi cermat oleh barisan pertahanan Bayern Muenchen.

* Sekecil apapun lubang kelemahan lini pertahanan tim asuhan Guardiola bakal jadi bulan-bulanan lini serang Barcelona. Getafe dan Cordoba menjadi korban dari keganasan barisan penyerang tim asuhan Enrique.

*  Bayern dilingkupi dan dibayangi dua kekalahan di ajang sebelumnya. Ini menjadi problem istimewa manakala melawan Barcelona. Pasukan Pep perlu memfokuskan diri menghadapi laga di Camp Nou nanti.

* Barcelona seperti biasanya mengandalkan skema serangan yang luar biasa gencar. Tim tamu perlu ekstra waspada dengan melapis pertahanan serapat mungkin. Sebagai catatan, perkecil dan batasi ruang gerak Messi.

Prediksi hasil laga menurut editor Antaranews.com:
* Barcelona: 2
* Bayern Muenchen: 1

Pewarta: A.A. Ariwibowo
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2015