Barcelona (ANTARA News) - Duel antara Barcelona versus Bayern Muenchen memanggungkan dua penjaga gawang, masing-masing Marc-André ter Stegen di kubu FC Hollywood kontra Manuel Neuer di kubu Blaugrana.

Baik Ter Stegen maupun Neuer baku cekatan sebagai penjaga gawang dalan laga pertama semifinal Liga Champions, yang digelar pada Rabu malam atau Kamis dini hari, pukul 01.45 WIB.

Kini Neuer banyak digadang-gadang sebagai penjaga gawang terbaik di atmosfer Bundesliga, sementara Ter Stegen terus bersinar sebagai kiper andalan yang dapat diandalkan oleh Barcelona.

Keduanya mewarisi mentalitas baja khas Jerman, yang siap mengahalau sekera apapun tendangan yang dilepaskan oleh pemain lawan manapun.

Salah satu legenda Barcelona Salvador Sadurni, yang pernah menjadi penjaga gawang terbaik selama 15 tahun di La Liga, mengagumi Ter Stegen dan Neuer.

"Keduanya penjaga gawang hebat, hanya saja Ter Stegen memang belum memiliki cukup banyak pengalaman, hanya saja ia dapat diandalkan oleh tim," katanya sebagaimana dikutip dari laman Marca.

"Mereka kerapkali tampil gemilang. Bahkan Ter Stegen selalu mengidolakan Neuer. Ia tidak jarang meniru gaya Neuer. Ia lebih cekatan menangkap bola. Di masa depan, ia mampu menyamai prestasi Neuer," kata penjaga gawang veteran itu yang kini telah berusia 74 tahun.

Senada dengan pendapat itu, Miguel Reina, yang pernah membela Barcelona dan Atletico Madrid menyatakan, "Di satu sisi, kita  punya penjaga gawang terbaik di dunia, yakni Neuer. Di lain sisi, penjaga gawang yang lainnya memiliki prospek di masa depan. Ter Stegen kelak berkembang pesat karena ia memiliki kemampuan lengkap dan mumpuni sebagai penjaga gawang dalam sepak bola modern."    

Penerjemah: AA Ariwibowo
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2015