Jakarta (ANTARA News) - Wakil Presiden Jusuf Kalla mengatakan target pertumbuhan ekonomi di Indonesia harus melebihi lima persen pada kuartal kedua, yakni April hingga Juni.

"Ya tentu harus di atas 5%. Dengan Menteri Keuangan kita terus membahas perekonomian sekarang dan langkah-langkah ke depan," kata Kalla di Kantor Wakil Presiden Jakarta, Rabu.

Untuk mencapai target tersebut, kata Wapres, Pemerintah akan mempercepat anggaran pembangunan.

"Untuk itu kita harus mempercepat dan memperlancar anggaran pembangunan. Oleh karena itu kita cek berapa anggaran pembangunan sekarang," jelasnya.

Pada Rabu, Presiden Joko Widodo menggelar rapat soal perkembangan ekonomi dengan mengundang Gubernur Bank Indonesia Agus Martowardojo di Kantor Presiden Jakarta.

Agus Martowardojo mengatakan untuk mengendalikan tingkat inflasi di Indonesia, Pemerintah segera mengumpulkan para kepala daerah dalam rapat koordinasi nasional pada akhir Mei.

"Indonesia pada 2013 tahun 2014 inflasinya 8,3 persen. Jadi kita melihat bahwa sekarang ini ada kesempatan bagi Indonesia untuk mencapai inflasi sesuai dengan target kita yaitu empat persen plus minus satu persen," katanya.

Rencananya rakornas tersebut digelar 28 Mei 205 dengan menghadirkan 400-an undangan terdiri dari gubernur, bupati, dan wali kota serta 10 kementerian beserta BI.

Pewarta: Fransiska Ninditya
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2015