Padang Panjang, Sumbar (ANTARA News) - Pemerintah Kota Padang Panjang, Sumatera Barat, memperoleh bantuan sebesar Rp240 juta dari Kementerian Pertanian untuk meningkatkan hasil pertanian kota setempat pada 2015.

"Bantuan itu sudah kita terima beberapa waktu lalu dan akan segera digunakan sesuai peruntukannya," kata Kepala Kantor Ketahanan Pangan dan Pelaksana Penyuluhan Kota Padang Panjang, Ade Nafrita Anas di Padang Panjang, Rabu.

Dia mengatakan, bantuan dari Kementerian Pertanian itu akan membantu petani Padang Panjang dalam meningkatkan hasil pertanian dalam rangka mendukung program swasembada pangan.

"Bantuan itu akan diserahkan langsung kepada petani, karena pelaku pertanian adalah masyarakat petani," katanya.

Bantuan yang diberikan kementerian itu untuk peningkatan produksi beras sebanyak 300 kilogram per hektare, pupuk organik dan pengolahan lahan pertanian.

Bantuan untuk pelaku pertanian itu akan dikelola oleh sembilan kelompok tani di Kota Padang Panjang dengan luas lahan sekitar 200 hektare.

Ketua Kelompok Tani Simbaru, Radikal, memberikan apresiasi kepada pemerintah pusat yang sudah memperhatikan masyarakat petani di Kota Padang Panjang.

"Kami akan mempergunakan dana tersebut sebaik-baiknya untuk peningkatan hasil pertanian, sehingga Padang Panjang bisa swasembada pangan," ujarnya.

Pewarta: Agung Pambudi
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2015