Kita berikan penghargaan setinggi-tingginya karena telah berhasil menjalankan misi dengan sukses dan membawa pulang WNI yang menjadi pengungsi di Nepal,"
Jakarta (ANTARA News) - Rombongan WNI yang dievakuasi dari Nepal pascagempa 7,9 SR melanda negara tersebut, telah tiba di Lapangan Udara Halim Perdana Kusuma, Jakarta, Rabu malam.

Pesawat Boeing 737 TNI AU dengan nomor registrasi A7305 mendarat sekitar pukul 20.00 WIB setelah transit di Banda Aceh untuk mengisi bahan bakar.

"Kita berikan penghargaan setinggi-tingginya karena telah berhasil menjalankan misi dengan sukses dan membawa pulang WNI yang menjadi pengungsi di Nepal," kata Wakil Menteri Luar Negeri AM Fachir saat menyambut rombongan di Lanud Halim Perdana Kusuma, Rabu.

Wamenlu juga mengucapkan selamat datang kembali di Tanah Air dan menegaskan kembali komitmen pemerintah untuk melindungi WNI di mana pun berada.

"Kepada WNI, selamat datang kembali dan percayalah pemerintah tetap melaksanakan tugasnya untuk melindungi warga negara di mana pun berada," kata Fachir.

Fachir menambahkan pemerintah akan memfasilitasi semua WNI yang dievakuasi untuk menuju kampung halaman masing-masing.

Sebanyak 26 WNI, terdiri dari 19 orang dewasa dan 7 anak-anak telah dievakuasi kembali ke Indonesia.

Selain itu, pesawat juga membawa kembali beberapa staf Kementerian Luar Negeri, anggota TNI AU, tim SAR Dog Jakarta Rescue, anggota Rumah Zakat, dan Sinergi Foundation.

Pewarta: A Fitriyanti
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2015