Washington (ANTARA News) - Ketika Barack Obama melangkah turun dari Air Force One di South Dakota, Jumat waktu AS nanti, dia akan bergabung dengan sebuah kelompok eksklusif beranggotakan para mantan presiden AS yang yang sudah mengunjungi semua 50 negara bagian di AS selama berkuasa.

Jimmy Carter, Ronald Reagan dan George W. Bush tidak melakukan hal seperti Obama ini.

Bush Junior memang sudah mengunjungi 49 negara bagian, tetapi dia tidak pernah mengunjungi negara bagian Vermont yang liberal. Sebaliknya Bill Clinton dan George Bush senior melakukannya.

Para presiden AS diciptakan dan diukur oleh pidato-pidato besar dan gestur-gestur simbolis agung, selain juga gambaran dan statistik.

Berapa sering si presiden diveto oleh Kongres dalam soal RUU? Berapa banyak Kepres yang dikeluarkan? Berapa banyak jamuan makan malam kenegaraan yang diadakan selama di Gedung Puti? Dan berapa banyak negara yang pernah disinggahi?

"Mengunjungi semua dari 50 negara bagian adalah tujuan yang penting," kata Brendan Doherty dari jurusan politik pada Akademi Angkatan Luat Amerika Serikat.

"Identitas negara bagian berpengaruh banyak pada sistem Amerika: pemilihan presiden diselenggarakan oleh negara bagian, yang setara dengan wakil-wakil Senat."

"Sekalipun mereka sudah mengunjungi negara-negara bagian di mana lebih dari 99 persen rakyat Amerika tinggal, mereka ingin mengunjungi setiap negara bagian hanya untuk mengatakan mereka mengenalnya."

Obama menggandeng saluran televisi lokal KSFY-TV untuk mengumumkan lawatan ke South Dakota yang akan termasuk pidato kenegaraan di Institut Teknik Wilayah Danau (LATI).

"8 Mei kami akan datang. Saya tak ingin sahabat-sahabat South Dakota saya terabaikan," kata dia.

Sekretaris Turisme South Dakota James Hagen yang mengundang Obama berkunjung 2013 lalu, berkata, "Saya benar-benar meyakinkan beliau untuk meluangkan waktu terbaiknya untuk terakhir kalinya."

Akan mengejutkan seorang presiden yang peduli sejarah mesti menunggu begitu lama untuk mengunjungi Vermont yang menjadi tempat beradanya Mount Rushmore di mana dipahat patung kepala George Washington, Thomas Jefferson, Theodore Roosevelt, dan Abraham Lincoln.

Bahkan kendati menang besar dari John McCain pada 2008 dan Mitt Romney pada 2012, Obama tetap kalah di South Dakota.

Sebagai basis kuat suara Republik, South Dakota jauh dari Washington, dengan jumlah penduduk kurang dari satu juta, negara bagian ini hanya memiliki tiga jatah suara elektoral dari total 538 suara untuk keterpilihan seorang presiden.

Negara bagian South Dakota tidak pernah menjadi prioritas utama lawatan Obama, namun karena tidak akan terlibat pemilu, Obama akan mengunjunginya, demikian AFP.





Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2015