Kegiatan ini bisa menjadi contoh pada daerah lain di Indonesia karena dibuka seluas-luasnya dan masyarakat bisa langsung terlayani disini,"
Makassar (ANTARA News) - Sedikitnya empat menteri kabinet kerja Jokowi-JK selama seminggu terakhir melakukan kunjungan kerja di Makassar, Sulawesi Selatan, bahkan menyempatkan mendatangi even pameran Makassar City Ekspo 2015 di Anjungan Pantai Losari.

"Kegiatan ini sangat baik bahkan memamerkan seluruh potensi dan progres kerja Pemerintah Kota Makassar selama satu tahun pemerintahan pak Wali dan jajarannya," kata Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Yohana Yembise seusai kunjungan, Kamis.

Menurut dia, apa yang dilakukan Pemerintah Kota Makassar dalam menujukkan program kerja dan capainnya selama satu tahun kepada publik adalah hal positif untuk diketahui masyarakat Makassar.

"Kegiatan ini bisa menjadi contoh pada daerah lain di Indonesia karena dibuka seluas-luasnya dan masyarakat bisa langsung terlayani disini," tambah Guru Besar asal Papua itu.

Sebelumnya, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB), Yuddy Chrisnandi usai memberikan pengarahan kepada aparatur birokrasi lingkup Pemkot Makassar Rabu 6 Mei 2015 di Balai Kota juga menyempatkan diri berkunjung ke pameran Makassar City Ekspo 2015 dengan mendatangi stand satu persatu.

Bahkan saat didampingi Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto, Yuddi didaulat menyerahkan berkas Kependududkan Kartu Keluarga kepada warga secara simbolik. Menurut dia, pameran tersebut merupakan langkah Pemkot Makassar dalam meberikan pelayanan terbaik secara transparan dan akuntabel.

Selain Menteri PAN-RB memantau di MC Ekspo tersebut, dihari yang sama Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Adnan Pandu Praja juga memantau kegiatan Pemkot Makassar itu mulai 3-8 Mei 2015 seusai memberikan pemaparan pencegahan dan pemberantasan korupsi kepada Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD).

Adnan juga mengunjungi hampir seluruh stand bahkan naik di atas mobile pengurusan Kependudukan dan Cacatan Sipil dengan memuji pelayanan begitu cepat dan transparan tanpa ada pungutan liar dan melihat langsung oprasional Home Care Dottoro ta yang bertugas mendatangi rumah-rumah warga untuk mengobati pasien.

Bahkan Menteri Komunikasi dan Informatika didaulat membuka pameran tersebut dengan menekan bel bersama-sama Gubernur Sulawesi Selatan, Wali Kota dan Wakil Wali Kota Makassar serta Sekertaris Daerah di anjungan losari, seussai meresmikan proyek pemasangan kabel serat optik PT Telekomunikasi Indonesia (Telkom) yang menghubungkan Luwuk, Sulawesi Tengah dengan wilayah Tutuyan, Sulawesi Utara

Bahkan Rudiantara juga diajak berkeliling melihat beberapa stand termasuk Apartemen Lorong yang didesain khusus Moh Ramdhan Pomanto itu selaku Wali Kota Makasar sebagaibentuk penyediaan rumah murah bagi masyarakat berpendapatan rendah.

Rencananya Menteri Kesehatan Nila Djuwita F Moeloek juga akan tiba di Makassar pada Jumat besok untuk melaksanakan kujungan kerja bahkan di jadwalkan mengunjungi Pameran MC Ekspo 2015 di ikon kota angin mamiri itu.


Pewarta: Darwin Fatir
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2015