Langkat, Sumut (ANTARA News) - Sebanyak 46 tim U-12 tahun tingkat Sekolah Dasar dan U-15 tahun tingkat Sekolah Menengah Pertama mengikuti turnamen sepak bola memperebutkan Piala Bupati Langkat ke-14.

Kepala Dinas Pemuda dan Olah Raga Pemkab Langkat Tengku Muhammad Auzai, di Stabat, Langkat, Kamis, mengatakan, pelajar Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) itu mewakili 23 kecamatan yang ada di kabupaten tersebut.

Seluruh pelajar yang berbakat nantinya akan dibina secara berjenjang usai mengikuti turnamen yang digelar Dinas Pemuda dan Olah Raga Pemkab Langkat tersebut.

Tengku Auzai menjelaskan, pelajar dari berbagai sekolah di Langkat tersebut akan dibina untuk mengikuti berbagai kejuaraan sepak bola tingkat Sumatera Utara dan nasional, termasuk piala Suratin.

Turnamen yang akan dilanjutkan dengan pembinaan tersebut dilakukan karena menyadari banyaknya bibit pesepak bola andal yang diharapkan dapat berkiprah di kancah sepak bola nasional.

Dari Langkat sendiri pernah muncul sejumlah pemain berbakat yang disegani tim lain dan memiliki nama besar seperti almarhum Syarifuddin Jaya yang merupakan mantan penjaga gawang nasional.

Selain itu, ada juga nama pemain lain yang cukup populer seperti Anwar Ujang, Markus Harisson, dan Wanda Syahputra yang pernah mengikuti timnas U-16 dan yang sempat belajar ke Uruguay.

"Melalui kegiatan ini kita akan bina para anak-anak ini menjadi pesepakbola yang andal, dan akan ada tim pelatih yang akan memandu mereka selama mengikuti turnamen ini," katanya.

Pemenang turnamen sepak bola U-12 dan U-15 memperebutkan Piala Bupati Langkat yang dilaksanakan pada 21 Mei hingga 7 Juni tersebut akan menerima piala dan uang pembinaan, termasuk untuk top skor dan pemain terbaik di setiap tingkatan.

Pewarta: Imam Fauzi
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2015