Tokyo (ANTARA News) - Bursa saham Tokyo ditutup naik 0,45 persen pada Jumat, setelah Wall Street menguat dan yen melemah di tengah harapan laporan pekerjaan AS yang mantap, sementara saham Nintendo naik karena labanya lebih baik dari perkiraan.

Indeks Nikkei 225 di Bursa Efek Tokyo naik 87,20 poin menjadi berakhir di 19.379,19, sedangkan indeks Topix dari seluruh saham papan utama bertambah 0,83 persen atau 13,12 poin menjadi 1.587,76.

Pasar sekarang menunggu laporan pekerjaan Departemen Tenaga Kerja AS pada Jumat untuk mengukur apakah ekonomi cukup kuat bagi Federal Reserve mulai menaikkan suku bunga ultra-rendahnya.

"Jika angka penggajian berbalik naik menunjukkan pertumbuhan 240.000 hingga 250.000, kita akan melihat imbal hasil (yield) jangka panjang AS melonjak dan yen melemah, yang akan positif bagi saham-saham Jepang," kata Juichi Wako, penyiasat senior di Nomura Holdings.

"Tetapi jika data lebih buruk dari yang diharapkan, kita bisa melihat saham global mengalami koreksi lebih dalam karena pasar bergeser ke arah cerita deflasi."

Di pasar mata uang, dolar menguat setelah naik karena laporan klaim pengangguran mingguan AS positif pada Kamis, dibeli 119,97 yen terhadap 119,75 yen di New York pada Kamis sore.

Pelemahan yen positif bagi pengekspor Jepang karena membuat mereka lebih kompetitif di luar negeri dan meningkatkan nilai keuntungan mereka ketika dipulangkan.

Saham Nintendo melonjak 7,16 persen menjadi 21.155,0 yen setelah raksasa videogame itu mengumumkan laba setahun penuh yang lebih baik dari perkiraan pada Kamis malam.

Perusahaan, yang berayun kembali ke hitam pada tahun fiskal terbaru berkat yen yang lemah dan penjualan konsol Wii U lebih kuat, mengatakan perpindahan yang lama ditunggu-tunggu ke pasar game smartphone bisa meningkatkan laba operasional dua kali lipat pada tahun ini.

Toyota naik 0,79 persen menjadi 8.279,0 yen menjelang rilis laba tahun fiskal.

Setelah pasar ditutup, pembuat mobil terbesar di dunia itu mengatakan laba tahunannya meningkat 19 persen ke rekor 18,1 miliar dolar AS.

Operator seluler SoftBank naik 1,72 persen menjadi 7.354,0 yen setelah mengumumkan akan membeli kepemilikan saham di pengecer elektronik konsumen utama Jepang Yamada Denki.

Saham AS didorong lebih tinggi pada Kamis, dengan Dow Jones Industrial Average maju 0,46 persen dan indeks berbasis luas S&P 500 naik 0,38 persen, demikian AFP melaporkan.

(A026)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2015