Barcelona (ANTARA News) - Nico Rosberg mendongkrak moral dirinya sendiri dengan mengungguli rekan setimnya di Mercedes sekaligus pemuncak klasemen kejuaraan Lewis Hamilton pada daftar catatan waktu, di latihan pertama untuk Grand Prix Spanyol pada Jumat.

Rosberg mencatatkan waktu putaran terbaik satu menit 26,828 detik, lebih cepat 0,070 detik atas Hamilton, pada pagi yang cerah di Circuit de Catalunya, ketika olahraga ini menjalani akhir pekan pertama pada musim ini.

Hamilton, pemenang tahun lalu di Spanyol, memenangi tiga dari empat balap yang sudah dihelat musim ini dan mengawali semua balapan itu dari posisi start terdepan. Ia unggul sebanyak 27 angka atas Rosberg.

Pebalap Ferrari Sebastian Vettel menduduki urutan ketiga tercepat, namun dengan catatan waktu 1:27,806 yang menggaris bawahi selisih yang ditorehkan Mercedes, di mana rekan setimnya Kimi Raikkonen menduduki urutan keempat.

Pasangan rookie Toro Rosso yakni Carlos Sainz, yang melakukan debutnya di kandang sendiri, dan Max Verstappen menduduki urutan kelima dan keenam, namun Red Bull menjalani pagi yang berat di mana pebalap Australia Daniel Ricciardo menepi pada sebagian besar sesi.

Ricciardo, yang telah mengalami kerusakan mesin untuk keempat kalinya di musim ini, mampu meninggalkan garasi untuk mencatatkan waktu terbaik urutan kesembilan.

Susie Wolff melakukan penampilan ketiga pada latihan Jumat pada karirnya untuk Williams, terpaut 40 tahun dari kejadian di mana pebalap putri mampu finis dengan raihan angka, dan mengakhirinya dengan catatan waktu yang lebih cepat dari dua juara dunia.

Pebalap Skotlandia itu, yang menikah dengan ketua motorsport Mercedes Toto Wolff, tidak akan membalap pada Minggu namun ia mencatatkan waktu tercepat urutan ke-14 dan unggul atas dua pebalap McLaren, Fernando Alonso dan Jenson Button -- yang menghuni urutan ke-15 dan 16.

Juara dunia dua kali Alonso kembali ke sirkuit kandangnya di mana ia mengalami tabrakan berat pada ujian pra musim, kecelakaan yang memaksanya absen pada balap pembuka musim di Australia.

Catatan waktu terbaik Wolff adalah 1:29,708 detik, berbanding dengan catatan waktu 1:28,831 detik milik Massa, meski Wolff sedang menjalani program di mana kecepatan bukanlah fokusnya. Demikian laporan Reuters.

(Uu.H-RF/D011)

Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2015